SOLOPOS.COM - Warga tengah menyetor sampah anorganik di Bank Sampah Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Kamis (8/3/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Kebersihan di Kelurahan Kalipancur, Kota Semarang, digencarkan melalui bank sampah.

Semarangpos.com, SEMARANG – Demi menggalakan pengelolaan sampah di lingkungannya, warga Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, membuat program Bank Sampah. Program yang didirikan atas bantuan PT Indofood CBK Sukses Makmur Tbk. itu mulai diterapkan kepada warga Kalipancur, Kamis (8/3/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lurah Kalipancur, Indriastuti, menyebutkan selama ini pengelolaan sampah masih menjadi permasalahan di lingkungannya. Hal itu dikarenakan melimpahnya sampah yang dihasilkan warga Kalipancur, yakni sekitar 340 ton per tahun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Banyaknya sampah itu pun membuat kami berinisiatif mendirikan bank sampah. Dengan adanya bank sampah, masyarakat bisa memilah sampah-sampah itu. Sampah yang bisa dikelola [anorganik] bisa disetorkan ke Bank Sampah. Sedangkan, yang tidak bisa dibuang,” ujar Indriastuti saat jumpa pers di Kelurahan Kalipancur, Kamis pagi.

Indria menambahkan setiap sampah anorganik yang disetorkan ke Bank Sampah, akan dihargai dengan sejumlah uang. Uang itu akan masuk ke rekening warga yang nantinya bisa memenuhi atau mencukupi kebutuhan.

Sementara itu, Branch Manager PT Indofood Cabang Semarang, Devie Permana, menyebutkan bank sampah merupakan kolaborasi pengelolaan sampah secara holistik dan terintegrasi dengan semua pihak mulai dari pemerintah, industri dan masyarakat.

“Kami memilih mendirikan bank sampah di Kalipancur karena melihat masyarakat di sini telah siap. Selain itu, instansi pemerintah di sini juga mendukung,” beber Devie.

Devie berharap dengan adanya bank sampah, pengelolaan sampah di Kalipancur bisa berjalan dengan baik. Sampah anorganik berupa plastik bisa tersalurkan dan dikelola menjadi industri yang menguntungkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya