SOLOPOS.COM - Sampah memenuhi lahan kosong di tepi sungai Desa Pringapus, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jateng. (Facebook.com-Bondan Marutohening)

Kebersihan Pringapus, Kabupaten Semarang dinodai pemanfaatan lahan kosong tepi jalan untuk tempat pembuangan sementara (TPS) sampah.

Semarangpos.com, UNGARAN – Warga Desa Pringapus, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pamer jorok. Lahan kosong di tepi jalan justru dijadikan tempat pembuangan sementara (TPS) sampah oleh sebagian warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sampah yang menggunung di lahan kosong dekat sungai yang melintasi Desa Pringapus itu pun menjadi viral di media sosial. Viral itu dipicu pengguna akun Facebook Bondan Marutohening, Minggu (22/10/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengunggah beberapa foto dan video yang menunjukkan buruknya kebersihan lingkungan di kawasan tersebut. “Sampah jadi masalah? Atau perilaku kita yang jadi masalah? Semua berawal dari diri sendiri, kita sendiri, bagaimana kita mengelola sampah yang baik bagi kita sendiri, orang lain dan lingkungan,” tulisnya pada keterangan foto dan video yang ia unggah.

Ada kejadian yang memprihatinkan berdasarkan video yang diunggah pengguna akun Facebook tersebut. Dalam rekaman video itu, terlihat mobil pikap yang mengangkut sampah berhenti di tepi jalan Desa Pringapus dan membuah begitu saja sampah yang diangkutnya.

Tak pelak kejadian itu memicu kemarahan netizen. Sebagian netizen lainnya mengaku kerap melihat beberapa orang membuang sampah di lahan kosong tersebut pada pagi buta dan malam hari.

“Kalau enggak pagi malam buange om. Kadang pakai motor main lempar sampah,” tulis pengguna akun Facebook Bee.

Ngerih sampahnya. Ternyata yang buang sekali buang 2-3 bagor bapak-bapak. Pernah lihat. Sungguh miris,” ungkap pengguna akun Facebook A’Iroel Milanisty.

Demi menangani masalah kebersihan di salah satu kawasan Kabupaten Semarang itu, pengguna akun Facebook Bondan Marutohening mengajak siapa saja untuk bergortong royong membersihkan sampah. Ia menyatakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk membersihkan sampah di lahan kosong itu dan beberapa sungai di Pringapus, Minggu (29/10/2017).

“Insya Allah minggu depan, hari Minggu 29 Oktober 2017 Jam. 07.00 – selesai, Lokasi : Kelurahan Pringapus. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang, berkerja sama dengan relawan lingkungan, Muspika Desa Pringapus, dan warga masyarakat yang peduli, akan mengadakan Gugur Gunung Resik-Resik Kali Kaseh dan Kali Klampok yang di Pringapus,” jelasnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya