SOLOPOS.COM - Sampah kertas berserakan di Alun-Alun Bung Karno, Desa Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jateng. (Facebook.com-Dorothea Praharini)

Kebersihan Alun-Alun Bung Karno Kabupaten Semarang ternoda dengan kertas petasan yang berserakan.

Semarangpos.com, UNGARAN – Kebersihan Alun-Alun Bung Karno, Desa Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) menjadi sorotan publik dunia maya (netizen). Warganet mengeluhkan banyaknya sampah kertas hasil ledakan petasan yang berserakan di alun-alun tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masalah kebersihan di salah satu alun-alun Kabupaten Semarang itu menjadi perbincangan hangat netizen di grup Facebook Ungaran setelah pengguna akun Facebook Dorothea Praharini mengunggah foto yang menunjukkan kondisi Alun-Alun Bung Karno, Selasa (27/6/2017). “Sedih lihat kota Ungaran. Alun-alun Bung Karno Kalirejo yang jadi ikonnya Kota Ungaran kok kotor seperti ini, sampah ada dmana-mana bekas kertas mercon berserakan, trus kolam air mancur yang ada di sana kotor berlumut, juga air mancurnya enggak pernah dinyalakan kalau tidak ada acara. Dimana keindahanmu alun-alun yang jadi kebanggaan kita semua. Dinas terkait bagaimana ini?” tulis pengguna akun Facebook Dorothea Praharini.

Netizen di grup Facebook Ungaran lantas ramai menyalahkan para pengunjung Alun-Alun Bung Karno yang tak sanggup menjaga kebersihan. “Sing ngregeti sopo sing ngresiki sopo. Harusnya yang datang ke situ harus punya etika. Jangan buang sampah sembarangan. Dolan gur ngregeti. Manusia macam apa itu,” tulis pengguna akun Facebook Hellda Noviyanto.

“Yang main mercon di situ berarti otak udang semua. Miriiizzzz,” ungkap pengguna akun Facebook Tri Djoko Kusyono.

Di sisi lain, sebagian netizen lainnya memaklumi jika Alun-Alun Bung Karno terlihat kotor karena sampah kertas akibat ledakan petasan. Pemakluman itu tak lain karena pada momen Lebaran 2017 ini banyak yang merayakannya dengan menyalakan petasan. Mereka bahkan menyatakan masalah kebersihan seperti itu banyak terdapat di kawasan lain, bukan hanya di Alun-Alun Bung Karno Kabupaten Semarang. “Karena lebaran usume mercon yo dimaklumi,” tulis pengguna akun Facebook Nur Salim.

“Lebaran mbak, enggak cuma di Alun-alun Bung Karno, depan rumahku ya kotor kertas petasan sampai di teras mushola juga,” ungkap pengguna akun Facebook Eni Momen.

Meski demikian, menurut sejumlah netizen, momen Lebaran 2017 ini tak dapat dijadikan sebagai alasan untuk tak menjaga kebersihan di Kabupaten Semarang. Mereka yang peduli akan kebersihan lantas berniat menggelar kerja bakti membersihkan Alun-Alun Bung Karno dalam waktu dekat. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya