Keberdayaan SMA Swasta

Pada 26 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis Top 1.000 Sekolah di Indonesia dengan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tertinggi tahun 2022.

 Khaerul Anwar (Solopos/Istimewa)

SOLOPOS.COM - Khaerul Anwar (Solopos/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pada 26 Agustus  2022 pukul 15.00 WIB, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis Top 1.000 Sekolah di Indonesia dengan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tertinggi tahun 2022.

Kriteria sekolah yang dilibatkan dalam pengukuran ini adalah sekolah dengan jumlah siswa yang mengikuti UTBK minimal 20 orang. Jumlah SMA/SMK/MA/Kesetaraan Paket C yang mengikuti UTBK tahun 2022 sejumlah 23.657 sekolah atau naik 547 sekolah daripada tahun 2021 yang berjumlah 21.110 sekolah.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Tahun 2022 ini adalah tahun ketiga LTMPT merilis 1.000 sekolah terbaik versi UTBK.  Ada beberapa catatan menarik dan penting dari data 1.000 sekolah top UTBK tahun 2022 ini. Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi DKI Jakarta  tetap sebagai provinsi yang mendominasi.

Provinsi Jawa Tengah menempatkan 213 sekolah atau bertambah dua sekolah dari capaian tahun 2021. Provinsi Jawa Timur menempatkan 187 sekolah. Provinsi Jawa Barat menempatkan 182 sekolah. Provinsi DKI  Jakarta menempatkan 131 sekolah.

Dari segi pemerataan kualitas pendidikan, Provinsi Jawa Tengah tergolong unggul. Hal ini ditunjukkan oleh terwakilinya semua kabupaten dalam 1.000 sekolah top UTBK tahun ini. Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan yang selama dua tahun berturut-turut hanya menampatkan satu sekolah, pada tahun ini meningkat menjadi dua sekolah.

Kota Semarang tetap sebagai penyumbang sekolah terbanyak dengan 22 sekolah, disusul Kota Solo dengan 17 sekolah. Ada 33 sekolah baru di Jawa Tengah yang masuk daftar 1.000 sekolah terbaik versi UTBK pada tahun 2022 ini dan ada 31 sekolah yang keluar peringkat 1.000 sekolah top UTBK ini.

Dari 213 sekolah di Jawa Tengah, 109 sekolah mengalami peningkatan peringkat dan 104 sekolah turun peringkat. Dibandingkan dengan tahun 2021, jumlah sekolah yang turun peringkat melonjak cukup banyak, khsususnya sekolah-sekolah negeri. Adapun peringkat SMA swasta justru meningkat signifikan.

Dari 33 sekolah swasta di Jawa Tengah yang masuk top 1.000 sekolah ini, 29 sekolah mengalami peningkatan peringkat cukup sugnifikan. Sekolah swasta dengan model boarding school mendominasi pada peringkat atas. SMA Pradita Dirgantara yang baru meluluskan angkatan pertama pada 2022 ini langsung bertengger di peringkat ke-3 nasional dan disusul SMA CT Arsa Foundation Sukaharjo yang menempati peringkat ke-68 nasional.

Sepuluh sekolah terbaik di Jawa Tengah versi UTBK 2022 juga didominasi sekolah-sekolah swasta, yakni SMA Pradita Dirgantara (1), SMAS Kolose Loyola (3), SMA CT Arsa Sukoharjo (4), SMAS IT Ibnu Abbas Klaten (5), SMA Muhammadiyah Kota Barat Solo (6), SMA Van Lith Magelang (7), dan SMA Taruna Nusantara (10).

Tiga tempat tersisa ditempati MAN Insan Cendekia Pekalongan (2), SMAN 1 Magelang (8) dan SMAN 1 Purworejo (9). SMA swasta juga menunjukkan kualitas dengan menempati peringkat pertama di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah. SMA Loyola peringkat pertama di Kota Semarang. SMA Sedes Sapientiae Jambu peringkat pertama di Kabupaten Semarang. Di Kota Solo, SMA Muhamadiyah Kotabarat meggeser dominasi SMAN 1 Solo.

Gotong Royong

Di Kabupaten Sukoharjo, SMA CT Arsa menampati peringkat pertama. Di Kabupaten Klaten, SMA IT Ibnu Abbas bertengger di peringkat pertama. Di Kabupaten Sragen bahkan dua sekolah swasta, yakni SMA Trensains Muhammadiyah Sragen dan SMA Sain Plus Baitul Quran Boarding School, menenpati peringkat pertama dan kedua.

Di Kabupaten Banyumas, SMA IT Al Irsyad tahun ini menempati peringkat pertama, menggeser SMAN 1 Purwokerto. Di Kabupaten/Kota Magelang, peringkat pertama juga diduduki sekolah swasta, yakni SMA Pangudi Luhur Van Lith dan SMA Taruna Nusantara. SMA Al Hikmah 2 yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Al Hikmah Sirampog menduduki peringkat pertama di Kabupaten Brebes.

Hampir semua sekolah swasta yang masuk papan atas adalah sekolah-sekolah swasta model boarding school. Sekolah model boarding school memang memiliki beberapa keunggulan pada sisi kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab.  Ini tiga hal yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan belajar anak.

Selain sekolah swasta, madrasah aliah juga mengalami peningkatanperingkat. Jika selama ini mereka hanya didominasi oleh MAN dengan label Insan Cendekia, sekarang beberapa MA negeri dan swasta masuk jajaran 1.000 sekolah top UTBK. Peningkatan peringkat sekolah-sekolah swasta dan MA juga bisa disebaban cukup longgarnya kebijakan anggaran pada dua sekolah tersebut.

Sekolah-sekolah swasta dan MA dengan dukungan pembiayaan dari partisipasi orang tua yang cukup memadai membuat mereka  leluasa menjalankan program-program pengembangam sekolah. Ini tentu harus menjadi bahan kajian bagi dinas pendidikan. Sudah saatnya keran partisipasi orang tua mulai dibuka kembali.

Orang tua siswa yang mampu secara ekonomis diberi ruang untuk dapat berkontribusi lebih besar bagi  pengembangan sekolah. Sedangkan mereka yang memang kurang mampu, tentu menjadi kewajiban negara untuk menanggung biaya pendidikan. Pendidikan memang memerlukan biaya besar, gotong royong adalah salah satu solusinya.

(Esai ini terbit di Harian Solopos edisi 7 September 2022. Penulis pernah menjadi guru SMA pada 1991-2021 dan kini menjadi Pengawas SMA di Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah)

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Eksistensi Santri Bermartabat

      Identitas santri mencakup aspek intelektual, sikap, tingkah laku, dan religiositas. K.H. M. Dian Nafi’ yang meninggal pada 1 Oktober 2022 layak menjadi rujukan pembentukan karakter seorang santri.

      Kecemasan Matematika Pascapandemi Covid-19

      Kembali ke sekolah setelah menjalani pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 menjadikan emosi bercampur aduk di kalangan siswa.

      Dampak Eksploitasi Nikel pada Lingkungan

      Nikel adalah salah satu mineral yang tengah diminati banyak pihak, apalagi kini nikel menjadi bahan penting dalam promosi energi hijau karena sebagai komponen produksi kendaraan listrik.

      Mencegah Kekerasan untuk Menjaga Muruah Pesantren

      Sangat disayangkan kasus kekerasan di lembaga pendidikan, dalam hal ini pesantren, masih juga terulang. Pesantren menjadi salah satu pilihan orang tua dalam memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.

      Keagungan Olahraga

      Tentara Jerman dan Inggris saling bunuh di area sengketa di Belgia atau kawasan Nonman Land pada 1918. Mereka berbalas tembakan dan melempar bom. Kematian selalu membayangi setiap tentara.

      Citra Solo The Spirit of Java

      Sejak masih menjadi calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melihat The Spirit of Java masih relevan sebagai city branding Kota Solo. Visi dan misi dia sebagai Wali Kota Solo juga terkait erat dengan tagline Solo The Spirit of Java.

      Pendidikan Agama untuk Generasi Z

      Menghadapi kenyataan yang demikian, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi. Salah satunya peluncuran Kurikulum Merdeka yang memiliki kekhasan penguatan profil pelajar Pancasila.

      Tragedi Itaewon dan Filsafat Kerumunan

      Kerumunan massa yang begitu antusias dan gembira merayakan Halloween setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan akibat pandemi justru berujung tragis.

      Perekrutan Anggota Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Lebih Mudah

      Secara umum penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sama dengan Pemilu 2019 karena berdasarkan regulasi yang sama, yaitu Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

      Ingat, Kendalikan Jempolmu!

      Kita harus bisa mengendalikan jempol, menjaga perilaku dan etika, memberikan komentar positif yang membangun saat menggunakan media sosial.

      Kompleks Pemusatan Latihan, Investasi, dan Industri Sepak Bola

      Selain mengasah sekaligus menjajal kemampuan tim selama berlatih di Kota Solo, salah satu target utama Persis Solo ke Johor adalah menimba ilmu tentang pengelolaan klub sepak bola profesional.

      Politik Kebahagiaan

      Saya membayangkan ketika tiap manusia, tiap individu, adalah Sisifus, tentu membutuhkan ruang yang cukup demi mencapai kebahagiaan. Demi mencapai bagian terindah ”semuanya baik-baik saja”.

      Melayani dengan Hati

      Saya mencoba menata kata-kata agar tidak terlalu berlebihan memberikan apresiasi. Saya ingin tetap sesuai koridor bahwa apresiasi adalah penghargaan atas sikap positif melayani konsumen.

      Intelektualisme Awal Muhammadiyah Kota Solo

      Kebesaran pergerakan Muhammadiyah selalu dinilai dari kuantitas/jumlah amal usaha yang berhasil didirikan. Penilaian demikian bukan keliru, tetapi kurang tepat.

      Pertaruhan Nama Baik

      Ini tentu sebuah kehormatan karena kota yang hanya seluas 40-an kilometer persegi ini menjadi lokasi penyelenggaraan acara yang mendatangkan jutaan orang dalam satu waktu.

      ASO dan Perlawanan Konglomerat Media

      Kebijakan migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) telah dilakukan pada Rabu (2/11/2022). Ini membuat siaran TV analog tidak bisa berfungsi lagi.