SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Rumah milik seorang pedagang Sarwandono, warga Keputren, Pleret, Bantul terlalap api.

 

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Harianjogja.com, BANTUL--Belum genap 24 jam, kebakaran kembali terjadi di Bantul. Setelah kebakaran gudang WS Swalayan mengakibatkan kerugian hingga Rp50 juta, kini giliran rumah milik seorang pedagang Sarwandono, warga Keputren, Pleret, Bantul yang terlalap api.

Beruntung, api tidak sampai membesar. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, api hanya menghanguskan bangunan dapur berukuran 3×7 meter. Kerugian ditaksir mencapai Rp20 Juta.

Menurut pemilik rumah, Sarwandono kejadian bermula pada pukul 12.30 WIB. Ia yang kala itu berada di dalam rumah, mendengar ledakan dari arah dapur dan mencium bau gas yang menyengat.

Api dengan cepat menyambar atap seng dapur. Warga pun berdatangan, berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. “Langsung lapor pemadam saat itu juga,” katanya pada Jumat (9/6/2017).

Menurutnya ada beberapa barang yang ludes terbakar yaitu satu kulkas, dua kompor, alat masak, satu kipas, dan bahan-bahan pokok yang akan dijual di pasar. Selain itu bangunan dapur hingga seluruh atapnya juga mengalami kerusakan parah.

Anggota Pemadam Kebakaran yang berada di lokasi kejadian, Yohanes Widyatmoko mengatakan setelah dilakukan olah TKP diketahui api memang berasal dari tabung gas yang bocor.

Bahkan tuas tabung gas sampai copot dan terlontar ke atas mengenai atap seng. Meskipun berdasarkan pantauan Harianjogja.com kebakaran terjadi di permukiman padat penduduk, namun Yohanes mengaku tidak ada kendala dalam memadamkan api. “Tidak sempat merembet,” ujarnya.

Ia mengakui dengan lokasi yang padat seperti itu, memang potensi merambat sangat besar. Untungnya api dapat cepat diatasi oleh 12 personil damkar dibantu relawan dan warga. Damkar juga menurunkan dua mobil dan satu tangki air. “Durasi pemadaman hanya sekitar setengah jam saja,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya