SOLOPOS.COM - Situasi di dalam kabin sebuah mobil. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Sebagian besar pengemudi tidak melakukan beberapa hal sebelum melajukan mobil mereka. Memang terlihat sangat sepele, namun manfaatnya sangat besar untuk keamanan dan keselamatan.

Sebagian pemilik mobil atau pengemudi selalu mempersiapkan kendaraan dari aspek seperti mesin, oli, hingga radiator. Namun, mereka lupa untuk melihat hal lain yang memang sering luput pada saat akan mengemudikan mobil.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Dimana hal-hal yang sering dilupakan ini ternyata dapat berpengaruh akan keselamatan pada saat berkendara. Jadi apa saja yang perlu diperhatikan sebagai persiapan sebeum berkendara? Berikut rinciannya seperti dikutip dari Hsrwheel.com.

 

Berputar mengelilingi mobil

Ini sangat jarang dilakukan oleh pengemudi. Biasanya mereka hanya mengamati mobil dari kejauhan sambil berjalan menuju ke pintu, kamudian masuk.

360 inspection atau berputar mengelilingi mobil ternyata hal dasar yang perlu untuk diperhatikan sebelum kamu mengendarai mobil. Kamu perlu berputar sekeliling mobil untuk mengecek semua bagian luar yang terlihat, seperti tekanan pada ban atau melihat adakah hewan yang bersembunyi pada mobil. Kamu dapat mengelilingi mobil dari titik depan dan kembali ke titik yang sama.

 

Bersihkan area mengemudi

Anda harus mengecek semua area ini agar terhindar dari barang-barang yang dapat menganggu, seperti sepatu, sampah dan lain sebagainya. Usahakan area ini clear agar Anda mendapatkan kenyamanan pada saat mengemudi.

Hal paling penting dari membersihkan area mengemudi adalah melihat apakah bagian pedal gas dan rem terhalang sesuatu atau tidak, supaya keamanan dapat terjamin. Bersihkan juga bagian setir mobil dengan menggunakan tisu atau tisu basah agar bersih dari kuman dan debu.

 

Perhatikan indikator pada dasbor

Setelah melakukan pengecekan dan membersihkan area mengemudi, Anda dapat menyalakan mesin mobil lalu melihat indikator yang ada. Dengan memperhatikan indikator ini, Anda dapat melihat bahan bakar yang tersisa, check engine atau juga temperatur mobil Anda. Jika temperatur mobil ternyata lebih panas dari yang seharusnya berarti radiator Anda perlu ditambah air dan Anda dapat mengisinya sebelum mulai berkendara.

 

Persiapkan kaca spion

Walaupun terkesan sepele ternyata mengecek spion ini sangat penting dan tidak boleh untuk Anda lewatkan. Mengecek spion sendiri bertujuan untuk melihat apakah kaca spion dapat memberikan refleksi yang jelas dan juga sudutnya sudah tepat dengan pandangan Anda. Memperhatikan kaca spion ini berperan sangat penting untuk mencegah kecelakaan pada saat Anda mengemudi mobil.

 

Cek sekeliling dan kursi bagian belakang

Persiapan sebelum mengemudi mobil yang terakhir adalah cek sekeliling isi dalam mobil termasuk kursi bagian belakang. Hal ini untuk mengantisipasi apakah ada barang yang berbahaya atau yang menimbulkan bau tidak sedap yang bisa membuat Anda tidak berkonsentrasi pada saat berkendara. Selain itu, juga untuk mengecek apakah ada barang yang tertinggal dan juga untuk memastikan bahwa mobil sudah siap untuk dibawa melaju menemani keseharian Anda.

 

Cek kondisi dan tekanan ban

Ban merupakan hal vital bagi sebuah kendaraan. Terkadang anda sering melupakan dan sedikit kurang memperhatikan kondisi ban anda sebelum berpergian. Tak banyak yang harus anda lakukan dalam melakukan cek terhadap ban. Salah satunya adalah anda harus melihat kondisi kenampakan ban anda. Apakah ban anda masih tebal atau tidak.

Ketebalan karet ban akan sangat berpengaruh terhadap laju kendaraan. Semakin tipis ban yang anda gunakan untuk berpergian jarak jauh, maka akan semakin resiko kepecahan ban yang akan anda alami. Selain itu anda juga harus melakukan cek up terhadap tekanan angin di dalam ban anda. Tekanan angin akan mempengaruhi kenyamanan anda saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya