Kebalikan 2014: Jokowi-Ma\'ruf Nomor 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) memeluk Hanifan Yudani Kusumah (tengah) di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, DKI Jakarta, Rabu (29/8/2018). (Instagram-@prabowo)

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan Joko Widodo-Ma\'ruf Uno (Jokowi-Ma\'ruf) mendapatkan nomor urut 1 dalam Pilpres 2019. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga) mendapatkan nomor urut 2.

Hal ini berkebalikan dengan nomor urut saat Jokowi dan Prabowo berlaga di Pilpres 2014. Saat itu, Prabowo-Hatta mendapatkan nomor urut 1 dan Jokowi-JK mendapatkan nomor urut 2.

Proses pengambilan nomor ini terdiri atas beberapa tahap. Pertama, Ketua KPU Arief Budiman mempersilakan cawapres mengambil bola dari dalam toples kaca. Bola putih kecil itu masing-masing berisi nomor penentuan pengambilan nomor urut.

"Cawapres akan bersamaan ambil 1 bola, bola dengan angka terkecil, akan mepersilakan capresnya mengambil tabung pertama. Nomor lebih besar akan mempersilakan capresnya mengambil tabung kedua," kata Arief. Hasilnya, Sandi mendapatkan nomor 1 dan Ma\'ruf Amin mendapatkan nomor 10. Artinya, Prabowo mengambil tabung berisi nomor urut capres-cawapres lebih dulu disusul Jokowi.

Pada hitungan ketiga dibuka bersama-sama, Jokowi mendapatkan nomor urut 1 dan Prabowo mendapatkan nomor 2. Dengan demikian, nomor urut ini akan dipakai selanjutnya selama proses kampanye hingga proses penetapan hasil Pilpres 2019.

Pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno tiba lebih dulu di Komisi Pemilihan Umum, Jumat (21/9/2018) pukul 19.25 WIB. Sedangkan Joko Widodo - Ma\'ruf Amin datang belakangan pada pukul 19.55 WIB setelah bertemu pendukung mereka di Tugu Proklamasi Jakarta.

Pantauan Bisnis/JIBI di lokasi keduanya datang bersamaan menggunakan kendaraan yang berbeda. Prabowo dan Sandi yang menggunakan kemeja putih lengan panjang dan peci hitam hanya melambaikan tangan kepada wartawan.

Sementara itu, Jokowi dan Ma\'ruf Amin datang dengan mobil Land Rover yang dihias lampu warna-warni dari Tugu Proklamasi. Jokowi mengenakan kemeja putih sedangkan Ma\'ruf Amin juga mengenakan setelah baju dan jas putih.

Pengambilan nomor urut akan dilakukan tepat pukul 20.00  WIB. Secara teknis, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang datang sebelum acara dimulai akan diarahkan ke ruang tunggu.

Saat acara dimulai, para capres dan cawapres akan duduk di atas panggung yang telah disiapkan. Keempatnya duduk bersampingan. Setelah itu calon wakil presiden mengambil undian antrean pengambilan nomor urut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom