SOLOPOS.COM - Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Wonogiri, Endang Istriningsih berfoto disamping mobil pemadam kebakaran, Kamis (15/10/2015). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Kebakaran Wonogiri telah terjadi sebanyak 47 kali sepanjang tahun ini.

Solopos.com, WONOGIRI – Sejak Januari 2015 hingga Kamis (15/10/2015), tercatat 47 kebakaran di Wonogiri. Dari jumlah itu, sebanyak 13 kejadian kebakaran terjadi di hutan milik Perhutani dan sisanya terjadi kebakaran rumah, toko, kandang hewan, maupun warung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) DPU Wonogiri, Endang Istriningsih, saat ditemui di kantornya, Kamis (15/10/2015), menyatakan pada 2014, ada 34 peristiwa peristiwa kebakaran dilaporkan sedangkan 31 kejadian lainnya tidak dilaporkan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kebakaran hutan terjadi di musim kemarau. Kami sudah minta kepada otoritas Perhutani untuk menanggulangi sendiri jika terjadi peristiwa kebakaran. Namun jika api sudah mendekati permukiman, unit damkar Wonogiri akan membantu memadamkannya,” ujarnya.

Endang bercerita pada Kamis, tim unit damkar Wonogiri memadamkan api yang melahap dapur milik Marsudi, 56, seorang petani warga Dusun Keblokan RT 006/RW 010, Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri.

Kebakaran terjadi saat lima jiwa di rumah itu tertidur lelap yakni pukul 03.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun pemilik rumah menderita kerugian senilai Rp60 juta.

Endang menjelaskan enam mobil yang dimiliki sekarang belum mampu menjangkau 25 kecamatan di Wonogiri.

“Kami telah berencana membangun poswil di lima eks-kawedanan, seperti Purwantoro, Jatisrono, Batureno, Pracimantoro dan Wonogiri sendiri,” kata dia.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto menjelaskan, bantuan logistik telah dikirim ke keluarga korban.

“Pemilik rumah sementara diungsikan ke rumah saudaranya. Api melalap habis bagian dapur dan separuh bangunan rumah induk,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya