SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

GUNUNGKIDUL—Toko onderdil motor  di Dusun Sumberejo, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, Gunungkidul ludes terbakar, Jumat (17/5/2013) siang. Akibat kejadian tersebut pemilik toko Munajat, 53, warga setempat mengalami luka bakar. Sementara kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi yang dihimpun Harian Jogja di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu anak pemilik toko Bagas Adhitya, 15, sedang memperbaiki motor sendiri di toko. Namun saat akan dinyalakan motor jenis Yamaha Jupiter tersebut mengeluarkan api dibagian mesin motor.

“Tiba-tiba api keluar dari motor dan menyambar tumpukan oli di rak,” kata Bagas. Api kemudian menyambar tumpukan oli dan bensin yang ada di dalam toko. Api terus membesar dan membakar seluruh ruangan toko. Warga sekitar yang melihat kepulan api langsung mendekat dan memadamkan api dengan peralatan seadanya. Termasuk Munajat, dia terus mendekat untuk menaklukan si jago merah.

Nahas usahanya sia-sia. Munajat tersambar api dikedua kakinya. Sehingga harus mendapatkan perawatan di Puskesmas Playen 1. Karena lukanya cukup parah, Munajat dirujuk ke RSUD Wonosari.

Kebakaran tersebut juga hampir menyambar bengkel mobil yang ada disebelahnya. Pemilik mobil Gunadi, 35, dibantu warga sempat mengevakuasi beberapa kendaraan yang ada di dalam bengkel. “Tapi tidak sempat ke bengkel mobil, karena pemadam kebakaran datang,” ujar Bagas

Api terus membesar karena selurus isi toko barang-barang yang mudah terbakar. Akhirnya dua kendaraan Pemadam Kebakaran Gunungkidul tiba di lokasi kejadian. Sebanyak 12 petugas pemadam berhasil menaklukan api dalam waktu sekitar 30 menit. “Api membesar karena material di toko banyak bensin dan oli,” kata Badrun, salah satu petugas Pemadam Kebakaran. “Penyebabnya api dari busi motor pas diservis,” imbuh Badrun

Kasat Reskrim Polsek Playen Iptu Tri Wibowo mengatakan, dari penyelidikan sementara, penyebab kebakaran karena dari karburator motor yang sedang diperbaiki. Ketika diperbaiki aada aliran bensin di sekitar mesin motor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya