KEBAKARAN SUKOHARJO: Pabrik Mebel Kayu di Grogol Sukoharjo Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp2 M

KEBAKARAN SUKOHARJO: Pabrik Mebel Kayu di Grogol Sukoharjo Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp2 M

SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas Damkar berupaya memadamkan kobaran api yang melalap pabrik mebel kaytu milik CV Danmas di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jumat (23/2/2018). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/SOLOPOS)

Pabrik mebel kayu di Sukoharjo terbakar.

Solopos.com, SUKOHARJO–Pabrik mebel kayu milik CV Danmas di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, ludes terbakar, Jumat (23/2/2018). Akibatnya, kerugian material karena kebakaran ini ditaksir sekitar Rp2 miliar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, bangunan pabrik yang terbakar berdekatan dengan areal persawahan. Kobaran api diketahui berasal dari lantai II bangunan pabrik sekitar pukul 08.15 WIB.

Kala itu, beberapa karyawan hendak memulai aktivitas membuat mebel kayu di pabrik. Api kemudian melalap bahan baku berupa busa, sintetis, dan lem. Selain itu, kobaran api juga meludeskan mebel kayu yang siap dikirim kepada pemesan. Sejumlah petugas pemadam kebakaran (Damkar) pun berupaya memadamkan kobaran api di dalam pabrik.

“Proses pemadaman kobaran api berlangsung selama 30 menit. Api menjalar cukup cepat lantaran busa dan kayu mudah terbakar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kantor Satpol PP Sukoharjo, Margono, saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi kejadian, Jumat. (baca: KEBAKARAN SUKOHARJO : Rumah di Perum Tiara Ardi Purbayan Terbakar)

Ia kemudian menghubungi Damkar se-Soloraya untuk memadamkan api. Tak berapa lama kemudian, sejumlah tujuh unit mobil Damkar dari Kota Solo, Wonogiri, dan Karanganyar mendatangi lokasi kebakaran.

“Mobil Damkar mengambil air di parit di sekitar areal persawahan yang berdekatan dengan lokasi kejadian. Alhamdulillah sudah padam. Dugaan awal penyebab kebakaran karena korsleting listrik di pojok bangunan pabrik. Kobaran api langsung meludeskan isi bangunan pabrik,” terang dia.

Sementara itu, pemilik CV Danmas, Budi, mengatakan total kerugian akibat kebakaran ditaksir Rp2 miliar. Saat kejadian, belum ada aktivitas produksi mebel kayu. Sebagian karyawan telah berada di sekitar pabrik. Mereka tengah mempersiapkan berbagai peralatan untuk memproduksi mebel kayu.

“Ada mebel kayu siap kirim senilai Rp250 juta yang ikut terbakar. Kerugian material mulai dari bahan baku hingga bangunan kurang lebih Rp2 miliar,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sidak Pasar Tumpah Sragen: Parkir Motor dan Oprokan di Bahu Jalan Bikin Macet

Pasar tumpah di sejumlah lokasi Kabupaten Sragen mengakibatkan kemacetan karena pedagang oprokan dan parkir kendaraan bermotor di bahu jalan.

Lebaran Virtual, ShopeePay Bagikan 4 Ide THR Unik dan Berkesan untuk Orang Tersayang

ShopeePay sediakan beragam produk dan layanan digital sebagai inspirasi THR Lebaran

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, mengatakan pilihan membatasi jemaah tak bisa dilakukan sebab kapasitas maksimal masjid 250.000 orang dan 10 Persen dari jumlah itu masih terlalu banyak.

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.