Petugas pemadam kebakaran Sukoharjo mengevakuasi kambing yang hangus terbakar di Polokarto, Minggu (6/10/2019). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Empat ekor kambing milik Suyamto, warga RT 003/RW 004 Desa Pranan, Polokarto, Sukoharjo, terpanggang sampai hangus saat kandangnya terbakar, Minggu (6/10/2019).

Saat kejadian, Suyamto baru saja pergi untuk berjualan buah keliling. Kebakaran kandang kambing tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Istri Suyamto juga ikut pergi meninggalkan rumah sekitar pukul 06.00 WIB untuk berjualan buah.

Baca juga: Stoomwals Terbakar di Jalan Jensud Sukoharjo, Ini Penyebabnya

Suyamto berjualan buah keliling, sedangkan sang istri berjualan buah di car free day (CFD) Solo Baru. Kandang kambing berada di dekat rumah Suyamto.

Kandang kambing ini juga berada dekat dengan tanggul sungai. Sekitar pukul 08.30 WIB, api tiba-tiba muncul di sekitar kandang. Api dengan cepat membesar hingga membakar kandang kambing itu.

"Warga yang tahu ada kebakaran langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," kata saksi mata yang juga tetangga Suyamto, Wahyudi, 39, kepada Solopos.com.

Warga selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Unit Pemadam Kebakaran Sukoharjo. Tak berapa lama dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Petugas berusaha memadamkan api.

Baca juga: Kerugian Akibat Kebakaran Gudang Sritex Sukoharjo Disebut Tak Signifikan

Selain itu petugas bersama warga juga berusaha menyelamatkan kambing yang terjebak di dalam kandang tersebut. "Ada 10 kambing di sana. Empat kambing tidak bisa diselamatkan, hanya enam kambing saja yang selamat," katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Margono belum bisa memastikan penyebab kebakaran kandang kambing tersebut. Beruntung petugas masih bisa menyelamatkan enam ekor kambing. Sedangkan empat ekor kambing hangus terbakar.

"Dugaan sementara api muncul karena ada warga membakar sampah di sekitar kandang kambing. Lalu merembet ke kandang kambing," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten