SOLOPOS.COM - Sejumlah pegawai Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Sukoharjo memadamkan api yang melanda tempat parkir, Selasa (20/10/2015). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Kebakaran Sukoharjo menimpa di lahan parkir gedung DPRD.

Solopos.com, SUKOHARJO–Kabel listrik yang menjulur di atap tempat parkir sisi selatan di Kantor DPRD terbakar menggegerkan para legislator dan pegawai sekretariat, Selasa (20/10/2015) pukul 11.30 WIB. Sejumlah mobil dinas nyaris ikut terbakar dalam peristiwa itu. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peristiwa itu kali pertama diketahui seorang pemuda yang akan bermain badminton di Gedung Budisasono. Gedung itu berada di sisi timur kantor DPRD. Lokasi kejadian berjarak sekitar lima meter dari Gedung Budisasono. Kala itu pemuda tersebut, Aris, berteriak kebakaran saat melihat percikan api di kabel yang menjulur di atap tempat parkir. Solopos.com bersama beberapa pegawai yang melihat saksi berteriak sambil menuding ke arah atap tempat parkir langsung mengecek lokasi.

Tak berselang lama muncul kepulan asap pekat dari atap tempat parkir. Para anggota DPRD, seperti Wawan Pribadi, Eko Sapto Purnomo, Giyarto, Sugeng, Sunoto, puluhan pegawai, dan karyawan lainnya berhamburan keluar kantor. Suasana semakin heboh lantaran lebih dari lima unit mobil dinas, termasuk mobil dinas Wakil Ketua DPRD, Eko Sapto Purnomo dan Giyarto, terparkir di lokasi. Sejumlah pegawai pun langsung mengevakuasi mobil-mobil itu ke lokasi yang aman.

Setelah mobil dapat dievakuasi pegawai lain berupaya memadamkan api menggunakan tiga unit alat pemadam api ringan (APAR). Kurang dari 15 menit api dapat dipadamkan. Tak lama dua unit mobil pemadam kebaran tiba di lokasi. Petugas pemadam tidak menyemprotkan air karena api sudah padam. Kabel yang telah putus akibat terbakar selanjutnya ditangani petugas PLN.

Saksi mata, Aris, kepada Solopos.com mengaku kaget. Kala itu dia sedang mempersiapkan diri di teras gedung dekat tempat parkir kantor DPRD sebelum bertanding badminton. Saat mendongak dia melihat ada percikan api di kabel di atap tempat parkir kantor DPRD. Dia menduga percikan itu dari kabel yang korslet. Tak lama percikan itu mengenai tumpukan daun kering di atap tempat parkir.

“Untunge konangan. Yen ora konangan isa kobong kabeh. [Untungnya ketahuan. Kalau tidak ketahuan bisa terbakar semua,” ujar dia.

Sekretaris DPRD Sukoharjo, Sriyono, kepada wartawan menduga api yang membakar kabel berasal dari percikan kabel yang korslet. Atas kejadian itu dia langsung memerintahkan petugas membersihkan dedaunan kering yang menumpuk di atap tempat parkir. “Baru kali ini peristiwa seperti ini terjadi di Sekwan [Sekretariat Dewan],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya