SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Sragen berupaya memadamkan kobaran api di Sragen, Senin (26/10/2015). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Kebakaran Sragen, dapur rumah ludes terbakar, padahal baru sebulan mendapat bantuan RTLH.

Solopos.com, SRAGEN–Dapur rumah milik Muhammad Hariyanto, 35, di RT 004/RW 018, Kampung Ringinanom, Kelurahan Sragen Kulon, Sragen ludes dilalap api, Senin (26/10/2015) pukul 12.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beruntung api belum merembet ke rumah Muhammad Hariyanto yang baru direhab sebulan terakhir lewat bantuan bedah rumah tidak layak huni (RTLH).

Peristiwa itu berawal saat Muhammad mencari lauk-pauk dan sayuran untuk makan siang. Rumah dibiarkan kosong. Sesampainya di rumah, Muhammad kaget karena banyak warga berkerumun di sekitar rumahnya. Warga sibuk memadamkan api yang melalap dapur di belakang rumah. Beberapa saat kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran datang.

“Warga tidak tahu sumber apinya darimana. Tahu-tahu api sudah membesar. Warga bergotong-royong memadamkan api secara manual sembari menunggu pemadam. Api yang semula besar mulai mengecil setelah diguyur air warga secara swadaya,” ujar Mulyadi, 58, warga RT 005/RW 018, Kampung Ringinanom, yang ikut memadamkan api saat ditemui Solopos.com, Senin.

Mulyadi menduga sumber api berasal dari puntung rokok yang dibuang warga sembarangan. Dia tidak mengetahui taksiran kerugian akibat musabah itu.

“Ya, beruntung api belum merembet rumah yang baru dibangun sebulan terakhir. Pembangunan rumah itu juga atas bantuan warga karena dapat bantuan bedah rumah dari pemerintah,” katanya.

Muhammad mengingat-ingat kejadian sebelum membeli lauk-pauk. Dia mengaku tidak menghidupkan kompor atau sumber api apa pun. Jaringan listrik ke dapur, ujar dia, juga tidak ada. “Saya tidak tahu kok dapur bisa terbakar. Tapi tidak ada barang berharga. Hanya kayu dan dinding dapur yang terbuat dari anyaman bambu yang ludes terbakar,” ujar Muhammad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya