SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di lantai 3 Panti Asuhan Misi Nusantara, Kandang Sapi, Jebres, Solo, Sabtu (17/6/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Kebakaran Solo melanda Panti Asuhan Misi Nusantara di Jebres.

Solopos.com, SOLO — Kebakaran melanda lantai III bangunan Panti Asuhan Misi Nusantara di Tegalharjo RT 005/RW 001, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Sabtu (17/6/2017), sekitar pukul 09.00 WIB. Tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu namun kerugian material diprediksi mencapai Rp30 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut keterangan salah satu pengasuh di panti asuhan itu, Sarah, kobaran api dipicu sejumlah anak yang bermain korek api lantai III gedung. Lantai III bangunan itu difungsikan sebagai gudang dan di dalamnya terdapat kasur busa atau spons, keranjang, dempel atau kusen pintu, dan barang lainnya.

“Api diketahui sudah membesar oleh salah satu pengurus panti asuhan yang bernama Sari,” jelasnya seperti dilaporkan wartawan Solopos, Arif Fajar Setiadi. Pengurus Panti Asuhan Misi Nusantara berupaya memadamkan api namun tak berhasil sehingga mereka menelepon pemadam kebakaran.

Sekitar 15 menit kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran dan polisi datang ke lokasi kejadian. Petugas berhasil melumpuhkan si jago merah sehingga tak menjalar ke ruangan lainnya di panti yang menampung 90 anak-anak dan remaja itu. Namun sejumlah barang di gudang tersebut rusak dilalap api.

Sarah menambahkan, berdasarkan pengakuan dua anak yang diduga bermain korek api, mereka bermaksud membuat api unggun dengan membakar beberapa kayu dan spons. “Ketika api semakin membesar, mereka kebingungan dan lari,” ungkap dia.

Kapolsek Jebres Kompol Juliana menyatakan setelah mendapat laporan terkait kebakaran itu, anggota polisi langsung datang ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Pihaknya mengucapkan terima kasih terhadap pemadam kebakaran sudah berhasil mengatasi api..

“Tak ada unsur kesengajaan. [Kebakaran dipicu] karena mereka [anak-anak] main api. Setelah tahu [api] besar ketakutan,” kata Juliana,

Pada kesempatan itu, Kapolsek Jebres juga memberikan pengarahan kepada para penghuni panti asuhan supaya jangan main api lagi karena berbahaya. Anak-anak pun berjanji tidak akan main api lagi.

Mobil pemadam kebakaran standby di Panti Asuhan Misi Nusantara, Kandang Sapi, Jebres, Solo, yang terbakar, Sabtu (17/6/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Mobil pemadam kebakaran standby di Panti Asuhan Misi Nusantara, Kandang Sapi, Jebres, Solo, yang terbakar, Sabtu (17/6/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya