Kebakaran Pabrik Telukan Sukoharjo: Banyak Bahan Mudah Terbakar Bikin Api Sulit Padam
Mobil pemadam kebakaran masuk ke pabrik PT Sari Guna yang terbakar di Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Kamis (17/9/2020) petang. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sedikitnya 10 unit mobil damkar berjibaku memadamkan kebakaran pabrik bahan spring bed kawasan Telukan, Grogol, Sukoharjo, Kamis (17/9/2020) sore hingga malam.

Pantauan Solopos.com hingga pukul 20.00 WIB api belum padam. Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Muhammad Alfan Armin, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, mengatakan belum bisa memastikan penyebab kebakaran pabrik busa itu.

Petugas masih melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan sejumlah saksi. Polisi juga belum bisa memperkirakan taksiran kerugian material akibat kebakaran pabrik tersebut.

Update Covid-19 Solo: Positif Tambah 2 Orang, 9 Pasien Sembuh

"Kami masih mendalami keterangan dari beberapa saksi. Saat ini, fokus memadamkan kobaran api yang melalap bangunan yang berfungsi sebagai gudang sekaligus produksi busa itu," katanya kepada Solopos.com, Kamis malam.

Kebakaran pabrik kawasan Telukan, Sukoharjo, itu cepat membesar dan sulit pemadamannya karena bangunan pabrik itu berisi bahan baku dan produk springbed yang mudah terbakar.

Sumber Kebakaran

Belum jelas sumber kebakaran apakah dari bagian depan atau belakang bangunan. Saat kejadian, para karyawan sudah pulang. Hanya ada beberapa karyawan dan petugas satpam yang berjaga di pintu gerbang pabrik.

Penyerangan Warga PSHT, Eddy Wirabhumi: Waspadai Skenario Besar Untuk Kacaukan Solo!

Hingga pukul 20.00 WIB, petugas damkar masih berupaya memadamkan kobaran api pada bagian utara bangunan pabrik. Bahkan, satu unit watercanon Polres Sukoharjo ikut memadamkan kebakaran pada bagian utara bangunan pabrik.

"Jumlah sementara mobil damkar yang ikut proses pemadaman sekitar 10 unit. Mobil damkar itu dari Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Karanganyar, dan satu unit watercanon Polres Sukoharjo," kata Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono.

Wali Kota Solo Terbitkan SE Baru Terkait Protokol Kesehatan, Perhatikan 6 Poin Penting Ini!

Margono menyebut tak menutup kemungkinan meminta bantuan mobil damkar dari daerah lain jika kebakaran pabrik kawasan Telukan, Sukoharjo, itu tak kunjung padam.

Saat musim kemarau, kebakaran kawasan industri menjadi prioritas utama penanganan kebakaran di Kabupaten Jamu.

Seperti pemberitaan sebelumnya, asap hitam membubung tinggi dari pabrik kawasan Telukan, Grogol, Sukoharjo, sejak pukul 16.30 WIB. Warga sekitar sempat berhamburan keluar rumah untuk melihat sumber asap hitam tersebut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom