SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (Backgroundpictures.org)

Kebakaran Mojokerto yang kini menciderai 11 pekerja mulai perlahan terkuak penyebabnya.

Madiunpos.com, MOJOKERTO – Kebakaran Mojokerto yang melanda pabrik peleburan baja PT Mestika Jaya Indonesia mengakibatkan 11 buruh mengalami luka bakar serius. Menurut pihak kepolisian, ada dua kemungkinan faktor yang menyebabkan tungku peleburan di pabrik baja tersebut meledak dan terbakar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kapolres Mojokerto AKBP Budhi Herdi Susianto mengatakan, sejauh ini pihaknya telah memeriksa 11 orang saksi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait insiden ledakan tersebut. Mereka merupakan karyawan PT Jaya Mestika Indonesia yang selamat maupun yang menjadi korban ledakan.

“Dari keterangan para saksi, dugaan awal penyebab ledakan ada bahan yang semestinya tak masuk ke dalam tungku lolos begitu saja,” kata Budhi seperti dikutip Madiun Pos dari detikcom, Jumat (10/7/2015).

Budhi menjelaskan, pabrik baja di Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu ini mengolah kembali kaleng cat semprot dan kaleng lainnya yang berisi gas. Nah, sebelum dilebur dalam tungku berkapasitas sepuluh ton dengan suhu 1.000 derajat celcius, gas yang terdapat di dalam kaleng tersebut harus dikeluarkan.

“Diduga ada kaleng yang berisi gas lolos dari seleksi karyawan sehingga memicu ledakan, namun ini masih dugaan sementara,” ungkapnya.

Kemungkinan penyebab kedua yang memicu ledakan, lanjut Budhi, terjadi kerusakan pada tungku peleburan baja. “Bisa juga ada kerusakan pada tungku tersebut. Untuk memastikan penyebabnya, secepatnya kami akan meminta bantuan Tim Labfor Polda Jatim,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah tungku peleburan baja PT Jaya Mestika Indonesia meledak hebat, Jumat (10/7/2015) sekitar pukul 12.45 WIB. Suara ledakan terdengar hingga radius satu kilometer dari pabrik tersebut. Akibat ledakan itu, 11 buruh pabrik mengalami luka bakar. Para korban saat ini menjalani perawatan di tiga rumah sakit berbeda di Mojokerto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya