SOLOPOS.COM - Kebakaran di lereng Gunung Merbabu terlihat dr stasiun CCTV di Sabana 2, Kamis (20/8/2015). (Istimewa/@BPPTKG)

Kebakaran Merbabu berhasil dikendalikan pada Sabtu (22/8/2015).

Solopos.com, BOYOLALI—Pasukan pemadaman api kebakaran Gunung Merbabu ditarik mundur pada Sabtu (22/8/2015) petang. Keputusan tersebut diambil setelah memastikan api tinggal tersisa 2% di sisi jurang Merbabu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dandim Boyolali, Letkol Kav Topri Daeng Balaw, mengungkapkan api tersisa 2% berada di kawasan yang sulit dijangkau. Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono, menambahkan lokasi api tersebut berada di dalam jurang sebelah barat pos Batu Tulis. Komandan SAR Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo atau Yoyo, membenarkan hal tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Koordinator Perlindungandan Pengamanan, BTNGM, Kurnia Adi Wirawan yang akrab disapa Wawan menginformasikan tim pemadaman Merbabu posko Koramil Selo, Boyolali positif ditarik mundur Sabtu malam karena status api Merbabu di kawasan Boyolali sudah dinyatakan clear atau aman.

“Di Lencoh sudah terkendali, jadi wilayah Kabupaten Boyolali sudah clear. Personil di posko Koramil Selo ditarik, tapi selalu siap mem-back up kalau ada kejadian baru,” terang dia dalam pesan singkat yang diterima solopos.com Sabtu (22/8) malam.

Dia menambahkan selain posko Boyolali, pasukan pemadaman di posko Suwanting dan Sobleman, Kabupaten Magelang juga sudah ditarik karena api di wilayah tersebut juga sudah terkendali.

Hingga Minggu (23/8/2015) dini hari, api Merbabu hanya tersisa sedikit di kawasan gunung Kukusan di kawasan Magelang. “Tinggal sedikit di Kukusan, besok pagi dilakukan pembersihan,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya