SOLOPOS.COM - Anggota polisi dari Polres Magetan membersihkan puing-puing bekas kebakaran Pasar Sayur Magetan, Selasa (19/7/2016). (tribratanews.polresmagetan.com)

Kebakaran Magetan yang melanda pasar sayur setempat berdampak pada 1.158 pedagang.

Madiunpos.com, MADIUN – Dana senilai Rp2,5 miliar siap digelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan untuk memperbaiki bangunan Pasar Sayur 1 Magetan yang terbakar pada 14 Juli 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dana tersebut berasal dari pos darurat yang akan dipakai untuk penyiapan bangunan dan pemasangan atap kios serta lapak pasar.

“Kami akan melakukan recovery [perbaikan] secepatnya, agar bisa segera ditempati berjualan kembali,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Magetan Saif Mukhlisun kepada wartawan di Magetan, Sabtu (23/7/2016).

Sebelum diperbaiki, pihaknya akan melakukan uji fisik kekuatan bangunan yang tersisa dengan melibatkan petugas dari Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Jika masih layak, tetap dipakai. Sebaliknya jika sudah tidak layak akan dihancurkan kemudian diganti baru.

Mukhlis menjelaskan opsi perbaikan sengaja dipilih Pemkab Magetan berdasarkan pembahasan antara Bupati Magetan bersama kepala SKPD terkait dan anggota paguyuban Pasar Sayur 1 Magetan.

Selain lebih hemat dari sisi anggaran, opsi perbaikan tersebut dirasakan paling sesuai untuk pedagang yang tidak ingin berlama-lama meninggalkan lapaknya pascakebakaran.

“Jadi pedagang bisa lebih cepat menempati kembali kios ataupun lapaknya seperti sebelumnya. Ini sesuai keinginan mereka,” kata dia.

Saat ini, pemda setempat masih melakukan pembersihan puing-puing bangunan sisa kebakaran dan ditargetkan selesai dua bulan ke depan.

Sesuai kesepakatan, perbaikan akan dilakukan dari sisi barat dan mengarah ke sisi timur Pasar Sayur 1. Hal itu dilakukan karena pada sisi timur masih jadi lokasi penyelidikan petugas kepolisian. Diharapkan, nantinya proses perbaikan dan penyelidikan dapat selesai dalam waktu yang sama.

Seperti diketahui, bangunan Pasar Sayur 1 Magetan terbakar pada Kamis (14/7/2016). Hingga kini polisi dan pihak terkait masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan, ada sekitar 158 bangunan usaha yang terbakar pada peristiwa tersebut.

Rinciannya 46 unit terdiri atas bedak, kios dan los bangunan yang termasuk kategori besar, 33 unit los terbuka (kategori sedang), dan 79 titik area pelataran (kategori kecil).

Sementara, jumlah pedagang yang terimbas akibat peristiwa kebakaran tersebut mencapai sebanyak 1.158 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya