SOLOPOS.COM - Petugas dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur meminta keterangan pemilik kios saat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran Pasar Sayur Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (15/7/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

KebakaranMagetan membuat pedagang pasar sayur kehilangan tempat berjualan.

Madiunpos.com, MAGETAN – Para pedagang Pasar Sayur Magetan segera direlokasi pascakebakaran yang melanda pasar tersebut pada Kamis (14/7/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Magetan Saif Muklisun saat dihubungi di Magetan, Sabtu (16/7/2016), mengatakan relokasi segera diupayakan.

“Prinsip pemda adalah fokus pada nasib para pedagang korban kebakaran Pasar Sayur Magetan agar dapat segera berjualan kembali,” ujar dia.

Saif menambahkan Bupati Magetan Sumantri telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait guna mempercepat proses relokasi tersebut.

“Bupati Sumantri juga telah mengadakan pertemuan dengan asosiasi para pedagang pasar setempat untuk membahas permasalahan tersebut,” kata dia.

Pihak pemkab juga masih mencari lokasi strategis yang tepat untuk dijadikan pasar darurat. Terdapat beberapa opsi yang diketengahkan ke para pedagang, yakni direlokasi di tempat yang sama ataupun pindah ke lokasi lain yang dinilai cukup strategis.

“Jika dipilih di lokasi yang sama, pembangunan baru bisa dilakukan setelah proses penyelidikan kepolisian selesai. Selain itu, diperlukan proses pembersihan sisa bangunan yang terbakar,” kata dia.

Bedasarkan data pemkab setempat, jumlah pedagang yang terdampak bencana kebakaran Pasar Sayur Magetan mencapai 1.158 orang.

Terkait adanya pedagang yang terpaksa berjualan di pinggir jalan sekitar sisa bangunan yang terbakar, pihaknya tidak dapat menolak. Dia hanya meminta para pedagang tidak masuk ke area bangunan yang terbakar sebab dinilai sangat berbahaya dan rawan ambruk.

“Masyarakat Magetan diimbau tidak berspekulasi tentang penyebab kebakaran Pasar Sayur Magetan. Kita menunggu hasil resmi dari penyelidikan pihak kepolisian,” tambah dia.

Seperti diketahui, Pasar Sayur Magetan terbakar pada Kamis sekitar pukul 20.00 WIB. Kebakaran melanda bagian depan pasar dekat pintu masuk sebelah selatan.

Api dengan cepat menyebar hingga ke tengah dan bahkan bagian belakang pasar. Sedikitnya ada 100 kios dan puluhan los serta lapak yang terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya