Ilustrasi mobil terbakar (Youtube.com)

Kebakaran menimpa sebuah mobil yang tengah diparkir di taman wisata Candi Borobudur, Magelang.

Solopos.com, SEMARANG – Tahukah Anda bahwa menyimpan power bank di dalam mobil sangatlah berbahaya dan berisiko menyebabkan terjadinya kebakaran? Terlebih lagi, jika power bank itu tengah disi daya listriknya pada mobil yang menyala, namun dalam kondisi terparkir.

Setidaknya hal itulah yang terjadi pada sebuah mobil Toyota Kijang berpelat nomor AD 2901 SB. Mobil yang diketahui milik Angga Adi Pratama, 24, warga Mangkul, Cepogo, Boyolali, itu terbakar saat diparkir di taman wisata Candi Borobudur, Magelang, Selasa (11/7/2017).

Dilansir laman Internet resmi Polda Jateng, Kamis (13/7/2017), kebakaran yang nyaris menghanguskan mobil Toyota Kijang itu dipicu korsleting yang terjadi pada kabel power bank yang tengah dicas.

Kebakaran yang melanda mobil Toyota Kijang itu kali pertama diketahui salah seorang wisatawan Candi Borobudur, Sugiyono Broto, 44, warga Kusuman MG II/197, Margansan, Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Saat itu, Sugiyono yang tengah berada di area parkir Candi Borobudur melihat kepulan asap keluar dari dalam mobil Toyota Kijang milik Angga. Sugiyono yang penasaran pun menghampiri mobil yang diselimuti asap itu. Beberapa saat kemudian, ia melihat percikan api di kabin dekat kursi sopir yang lambat laun membesar hingga membuat kaca mobil retak.

Tak berpikir panjang, Sugiyono bersama petugas parkir langsung memecah kaca depan mobil itu untuk memadamkan api dengan menggunakan tabung gas. “Awalnya, saya kira orang merokok di dalam mobil. Namun, asapnya lambat lau membesar,” aku Sugiyono.

Sementara itu, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan aparat Polsek Borobudur dan Satuan Polisi Pariwisata menyebutkan saat terjadinya kebakaran mobil dalam kondisi kosong. Kebakaran dipicu korsleting pada kabel aki yang terhubung dengan tempat cas power bank.

Akibat kejadian itu, sebagian bodi mobil terbakar dan kaca mobil bagian depan pecah. Kerugian akibat kebakaran yang terjadi di area wisata Candi Borobudur, Magelang, itu pun ditaksir mencapai Rp4 juta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten