SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

WONOGIRI – Rumah seorang warga Patuk Kidul, RT 001/RW 003, Baturetno, Mujiono, 80, Selasa (4/9/2012) terbakar akibat kelalaian. Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber mengatakan kejadian bermula pada pukul 15.00 WIB, saat itu korban usai memasak air di dapur menggunakan kayu bakar dan setelah selesai memasak dia meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kapolsek Baturetno, AKP Sarno, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Ni Ketut Swastika, mengatakan saat kebakaran rumah dalam kondisi kosong. Saat itu Mujiono mengira api sudah mati, namun saat ditinggal pergi api membesar dan membakar dapur miliknya. Saat api membesar, kata dia, beberapa warga langsung berusaha memadamkannya karena rumah yang terbakar terletak di kawasan padat penduduk. “Karena dapur terbuat dari kayu, warga merobohkan dapur tersebut sebelum api menjalar ke rumah di sampingnya,” ujar dia.

Kerugian yang dihitung ditaksir adalah dapur senilai Rp20 juta, perhiasan senilai Rp3,1 juta dan uang tunai Rp5,6 juta. “Jadi totalnya Rp28,7 juta,” ujarnya.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Baturetno, Joko, saat ditemui Espos di lokasi mengatakan kebakaran ini terjadi sekitar 40 menit. “Tidak ada pemadam yang datang tadi, api bisa mati saat dapur dirobohkan warga,” ujarnya. Joko mengimbau agar warga berhati-hati dan waspada saat musim kemarau ini. “Apapun kegiatan kita yang berhubungan dengan api dan listrik selalu dipantau karena bisa saja menyebabkan kebakaran apabila kita lalai,” ujar Joko.

Seorang warga, Rendi, 33, mengaku api menjalar cukup cepat. “Untung warga tadi langsung memutuskan merobohkan dapur, jika tidak dirobohkan bisa saja api melalap rumah sampingnya itu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya