SOLOPOS.COM - Kebakaran hutan di Gunung Lawu, Selasa (25/8/2015) dini hari (Detikcom/pasangmata.com-Soelis)

Kebakaran Lawu mendorong pelbagai pihak turun tangan memadamkannya.

Madiunpos.com, MAGETAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menurunkan 30 personel untuk membantu memadamkan kebakaran hutan yang yang melanda wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu dan sekitarnya (KPH Lawu Ds) di lereng Gunung Lawu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Para personel dari BPBD tersebut akan membantu petugas Perhutani yang telah berada di lokasi untuk mengantisipasi agar api tidak semakin meluas,” ujar Kepala BPBD Magetan Agung Lewis kepada wartawan di Magetan, Selasa (25/8/2015).

Menurut dia, puluhan personel tersebut nantinya akan berada sekitar 1 km dari lokasi kebakaran Lawu untuk membuat ilaran atau jalur api dan menyingkirkan dahan serta ranting yang mudah terbakar. Ilaran tersebut berfungsi mencegah api semakin merambat dan membakar areal hutan lainnya, dengan cara itu api diharapkan terlokalisasi dan padam.

Sementara itu, Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu Ds, Marwoto, mengatakan, api masih membakar lereng Gunung Lawu sebelah utara. Diperkirakan, hutan yang terbakar masuk wilayah Kabupaten Ngawi. “Hingga kini, petugas Perhutani dibantu sukarelawan terus berupaya untuk memadamkan api yang membakar hutan di lereng Lawu,” kata dia.

Demi menangani kebakaran hutan di Gunung Lawu tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan lembaga terkait, seperti BPBD Magetan, Kodim Magetan, sukarelawan, dan tokoh masyarakat sekitar. Seperti diketahui, kebakaran hutan melanda wilayah KPH Lawu Ds yang berada di lereng Gunung Lawu sejak beberapa hari terakhir.

Titik awal kebakaran hutan diduga berasal dari petak 39 RPH Mayul, BKPH Lawu Utara, KPH Lawu Ds, yang berada di Kabupaten Ngawi. Kondisi angin yang bertiup kencang, membuat api cepat menyebar ke titik lain. Diprediksi api kini sudah menjalar ke lereng Gunung Lawu yang masuk wilayah Kabupaten Magetan dan Karanganyar, Jawa Tengah.

Sejauh ini, kebakaran Lawu ditegarai telah melalap hutan lindung milik KPH Lawu Ds. Luas kawasan yang terbakar itu ditaksir mencapai 50 ha hingga 75 ha. Kendati api sudah terdeteksi sejak Minggu (23/8/2015), kobaran api masih sangat jelas terlihat dari dusun di lereng Gunung Lawu, hingga Selasa dini hari.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya