SOLOPOS.COM - Pengumpulan keterangan untuk evakuasi kebakaran Lawu di Magetan, Minggu (18/10/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Kebakaran Lawu menjebak rombongan yang terdiri atas 17 pendaki, enam di antara mereka tewas terbakar.

Madiunpos.com, MAGETAN — Sejumlah pendaki terjebak kebakaran di lereng Gunung Lawu, Minggu (18/10/2015). Salah seorang pendaki yang selamat dari kebakaran hutan itu, Dita Kurniawan, menyatakan api yang membakar mereka tiba-tiba muncul dari arah ilalang kering di antara pepohonan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dikisahkan Dita Kurniawan, saat itu, ia dan teman-temannya hendak menuruni gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah tersebut. Di antara pos 3 dan pos 4 jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan, tiba-tiba ada kobaran api yang membakar ilalang dan pohon di sekitar jalur.

Percikan api tersebut, menurut Dita Kurniawan sempat mengenai pakaian para pendaki termasuk dirinya hingga akhirnya mereka pun terbakar. “Percikan api sempat mengenai jaket yang saya pakai. Beruntung saya bisa menyelamatkan diri dengan berlindung di balik bebatuan besar sehingga tidak terbakar,” ungkap Dita kepada wartawan, di Magetan, Minggu.

Setidaknya lima pendaki Gunung Lawu dikabarkan tewas akibat kebakaran itu, belakangan bahkan disebutkan korban menjadi enam orang. Mereka kemungkinan tidak berhasil menyelamatkan diri saat terjebak api yang mengenai pakaian mereka. Selain enam korban tewas itu, dikabarkan juga adanya sejumlah pendaki yang kritis akibat luka bakar.

“Selain ada pendaki yang meninggal, ada juga pendaki yang kritis akibat luka bakar. Mereka yang luka dan berhasil dievakuasi langsung dibawa ke rumah sakit,” kata pendaki asal Magetan ini.

Kebakaran 2 Pekan
Sejak dua pekan terakhir, kebakaran kembali melanda hutan di lereng Gunung Lawu. Kebakaran tersebut merupakan kebakaran yang kedua kalinya selama musim kemarau setelah kebakaran hutan melanda lereng setempat pada Agustus 2015 lalu.

Sementara, pihak Perhutani KPH Lawu dan sekitarnya (Ds), Pemkab Magetan hingga kini masih melakukan upaya evakuasi terhadap para korban, baik korban tewas maupun luka. Petugas berwenang juga belum mengetahui jumlah pasti pendaki yang menjadi korban atas peristiwa tersebut, berikut identitasnya.

Menurut Dita Kurniawan, rombongan pendaki yang terjebak kebakaran Lawu itu berjumlah 17 orang, termasuk dia. Musibah itu terjadi kala rombongan yang naik dari Cemoro Kandang, Sabtu (17/10/2015) itu turun dari puncak dengan melewati jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya