SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Gudang kertas di Desa Hadiwarno, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 13.30 WIB, terbakar. Api diduga berasal dari puntung rokok yang masih menyala.

“Api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 19.00 WIB,” ungkap Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Bergas Catur Sasi Penanggungan.

Pemadaman api melibatkan personel BPBD Kudus, Pemadam Kebakaran (Damkar) PT Djarum, PT Nojorono, PT Pura, dan Damkar Pemkab Kudus. Warga setempat bersama Polsek Mejobo dan Koramil Mejobo ikut membantu pemadaman.

Secara pasti, kata dia, penyebab kebakaran belum diketahui pasti. Namun, berdasarkan keterangan pemilik gudang, Hadi Norkamid, api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Nilai kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp300 juta, sedangkan untuk memudahkan pemadaman, sebagian tembok gudang terpaksa dirobohkan. Ratusan gulungan kertas bernilai puluhan juta rupiah, beberapa mesin, dan alat kerja, dilalap api.

Afif, salah seorang warga setempat, mengungkapkan api diduga berawal dari dalam gudang kertas. “Tak berselang lama, tiba-tiba api cepat membesar karena mayoritas di dalam gudang berisi bahan kertas,” ujarnya.

Hadi Nur Khamid mengakui mengetahui gudangnya terbakar setelah mendapat telepon dari istrinya. Kerugian, kata dia, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, mengingat Jumat (10/1/2018) pagi, baru saja datang kertas senilai Rp50 juta yang juga ludes terbakar.

Selain itu, kata dia, sejumlah alat dan mesin untuk kerja juga ikut terbakar, sedangkan bangunan juga runtuh.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya