SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran tengah memadamkan api di lahan tebu, Bantarangin, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Senin (20/7/2020) malam. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Kebakaran lahan tebu terjadi di wilayah Bantarangin, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Senin (20/7/2020) malam WIB.

Warga perumahan di sekitar lahan tersebut sempat khawatir api menjalar ke kawasan permukiman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemerintah Tak Sampaikan Update Harian Covid-19 Lewat Jumpa Pers, Data Kasus Bisa Dilihat di Website

Hal itu disampaikan oleh Lurah Wonoboyo, Giyarno, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (21/7/2020). Kebakaran lahan tebu Wonoboyo Wonogiri itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB.

Giyarno mengatakan lahan tebu milik pemerintah provinsi tersebut memilik luas sekitar 9,6 hektare. Namun, tidak semua lahan terbakar hanya di bagian tengah lahan saja.

Menurut dia, kebakaran tersebut diawali dengan adanya pembakaran sisa tumbuhan tebu yang habis selesai dipanen. "Yang membakar atau bersih-bersih lahan hanya satu orang. Waktunya sekitar sebelum Magrib," ujar dia.

1 Warga Positif Covid-19, Jalanan Desa Ketro Tanon Sragen Auto-Sepi, Penduduk Tak Berani Nongkrong

Saat itu, orang yang membakar sisa tumbuhan menunggu sampai api padam, kemudian baru pulang ke rumah. Karena pada malam hari angin cukup kencang, dimungkinkan percikan api membesar dan merambat ke wilayah sekitar.

"Membakar sisa tumbuhan panen tersebut merupakan kegiatan rutin. Tetapi mungkin karena kelalaian dan adanya angin kencang pada saat itu terjadilah kebakaran," kata Giyarno.

Kasus Pengeroyokan Kader PDIP Solo: Saat Kejadian, Agung Kenakan Kaus Bergambar Gibran

Sementara itu Kepala UPT Pemadam Kebakaran Wonogiri, Joko Santosa, mengatakan pihaknya menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Petugas damkar, menurut dia, mendapat laporan pukul 22.30 WIB. Api bisa dipadamkan pukul 00.30 WIB.

"Dampak kerugian warga sekitar merasakan polusi udara, tetapi hanya beberapa saat," kata Joko.

Sempat Menolak, Achmad Purnomo Akhirnya Mau Masuk Tim Pemenangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya