SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Kebakaran Klaten kali ini terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Solopos.con, KLATEN — Lahan seluas 4 hektare di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) terbakar, Jumat (17/7/2015) siang. Hingga saat ini, belum dapat dipastikan penyebab kebakaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran terjadi di bawah Pos III atau Camp Yoyok. Lokasi kebakaran berada di perbatasan wilayah Klaten-Boyolali, tepatnya di Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. Hingga petang hari dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Lahan yang terbakar itu termasuk jalur khusus pendakian bagi orang-orang profesional. Daerah tersebut hanya terdiri dari rumput liar dan ilalang. Daerah kebakaran berada di wilayah TNGM. Kami hanya bisa memantau karena bukan wewenang kami,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Eko Pambudi, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat.

Kawasan Camp Yoyok dikenal sebagai daerah yang langganan terjadi kebakaran setiap tahunnya. Kawasan tersebut sangat jauh dari permukiman warga.

“Lokasi kebakaran sangat jauh. Bagi relawan profesional butuh waktu lima jam ke lokasi. Kalau warga biasa, tentu bisa dua kali lipat jarak tempuhnya. Informasinya penyebab kebakaran diduga berasal dari lampion terbang milik warga yang terjatuh di lokasi kebakaran. Tapi itu masih belum pasti kebenarannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya