SOLOPOS.COM - Petugas Damkar dari Satpol PP dan Damkar Klaten memadamkan api di salah satu rumah warga Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Jumat (5/8/2022) sore. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Peristiwa kebakaran menimpa salah satu rumah di Dukuh Jetis, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Jumat (5/8/2022) sore. Diduga, kebakaran terjadi akibat korsleting.

Peristiwa itu terjadi di rumah warga bernama Anggit. Peristiwa itu dilaporkan ke Pos Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Jumat pukul 15.20 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proses pemadaman rampung sekitar pukul 16.35 WIB. Api membakar sebagian ruangan tak sampai merembet ke bangunan lain.

“Tidak ada korban jiwa. Luas area terbakar 6 meter x 3 meter dari total luas bangunan 15 meter x 20 meter,” kata Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, Jumat.

Petugas unit Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Tri Hatmoko, mengatakan saat kejadian, ada satu penghuni yang berada di dalam rumah dan langsung keluar ketika api mulai membesar.

Baca Juga: 4 Kebakaran dalam 1 Pekan, Damkar Klaten: Hindari Bakar Sampah

Rumah itu menjadi tempat tinggal sekitar 11 orang yang masih satu keluarga dan terbagi dalam beberapa ruangan. Satu ruangan terdampak kebakaran.

Peristiwa kebakaran diduga disebabkan korsleting pada stop kontak kulkas yang menggunakan colokan dobel. Diduga kabel tidak kuat hingga terbakar. Selain kulkas, barang elektronik lainnya yang ikut terbakar satu unit komputer.

Tak ada kendala bagi petugas untuk memadamkan api di rumah tersebut. Namun, kondisi jalan yang sempit sempat menghambat mobil pemadam kebakaran menuju lokasi kejadian.

Baca Juga: Api Kompor Sambar Tetesan Bensin, Rumah Warga Melikan Klaten Terbakar

Tri mengimbau agar warga bijak dalam menggunakan listrik termasuk tidak menggunakan stop kontak bertumpuk. Dia juga menyarankan agar pemasangan umbul-umbul atau aksesori menyambut HUT Kemerdekaan RI di jalan kampung memperhitungkan ruas jalan masih bisa dilalui kendaraan ketika kondisi darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya