KEBAKARAN KARANGANYAR : Ribuan Karyawan PT Delta Dunia Tekstil Diliburkan, 1 Orang Terluka
Sejumlah anggota pemadam kebakaran masih mencoba memadamkan api yang melalap gudang kapas milik PT Delta Dunia Tekstil di Dusun Geneng, Desa Kaling, Tasikmadu, Sabtu (14/5/2016). (JIBI/Solopos/Istimewa)

Kebakaran Karanganyar, kebakaran pabrik Delta Dunia Tekstil menyebabkan 1 orang terluka.

Solopos.com, KARANGANYAR--Pabrik pemintalan benang, PT Delta Dunia Tekstil, di Dusun Geneng, Desa Kaling, Tasikmadu, meliburkan ribuan karyawan mulai Sabtu (14/5/2016).

Pabrik terpaksa meliburkan karyawan karena bahan baku pemintalan benang sebanyak 4.500 ton atau 15.000 bal kapas yang disimpan di gudang terbakar pada Jumat (13/5/2016) sekitar pukul 20.30 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Tetapi, satu orang manajer pabrik, Andre, mengalami luka bakar di bagian kaki, Jumat.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Andre berada di lokasi kejadian saat gudang terbakar. Dia berada di dekat gudang yang terbakar saat sejumlah petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api. Kaki kirinya mengalami luka bakar karena lelehan plastik bercampur aspal dan cairan lainnya.

Sejumlah petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar membawa dia ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.

“Kepleset karena sandalnya kan meleleh terkena cairan panas. Ya melepuh bagian punggung kaki. Kaki sebelah kiri,” tutur salah satu anggota PMI, Hendro Triyanto, saat ditemui wartawan di lokasi, Jumat malam.

Anggota BPBD sudah memperingatkan orang-orang tidak berkepentingan saat memadamkan api untuk menyingkir dari lokasi kejadian. Mereka menghalau sejumlah orang yang nekat masuk. Pantauan Solopos.com hingga Sabtu siang, api belum berhasil dipadamkan. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dan tangki air dari Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya masih berada di pabrik.

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan si jago merah. Asap hitam masih mengepul dari gudang kapas dan limbah aval atau sisa produksi yang terbakar selama lebih dari 12 jam itu. Manajemen pabrik memasang pengumuman di depan pintu masuk pabrik.

Pengumuman berisi pabrik meliburkan karyawan shift I, II, III, dan DS (day shift) pada unit A, B, C, dan D hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Sejumlah karyawan pabrik yang hendak masuk kerja tampak kecewa membaca pengumuman itu.

Ribuan karyawan terpaksa libur akibat kejadian itu. "Ya, mau bagaimana mbak? Bahan baku terbakar semua. Libur sampai kapan belum tahu. Kapas, pasti susah dipadamkan kalau belum habis," kata perempuan berambut sebahu itu enggan menyebutkan nama saat berbincang dengan Solopos.com di depan papan pengumuman, Sabtu.

Kepala Keamanan PT Delta Dunia Tekstil, Husin, mengatakan manajemen meliburkan karyawan mulai Sabtu (14/5/2016) pagi. Manajemen belum menentukan sampai kapan karyawan diliburkan. “Tadi pagi pihak perusahan membuat pengumuman meliburkan karyawan samapi dengan batas waktu belum ditentukan,” kata Husin saat ditemui wartawan, Sabtu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho