SOLOPOS.COM - Api yang membakar lereng sisi utara Gunung Lawu terlihat hari Dusun Tegalsari, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, Senin (28/9/2009) malam. Api yang sebelumnya hanya membakar wilayah Jawa Timur, kini telah memasuki wilayah hutan pinus Desa Anggrasmanis,Kecamatan Jenawi, Karanganyar. (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR–Kebakaran hutan terjadi di sekitar antara pos 4 dan pos 5 Gunung Lawu, Sabtu (16/8/2014) sekitar pukul 18.00 WIB. Akibatnya jalur pendakian menuju puncak Lawu ditutup, baik melalui arah Pos Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah, maupun Pos Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.
Padahal, momentum HUT Kemerdekaan RI ke-69 menjadi daya tarik tersendiri hingga diserbu pendaki. Bidang Operasional SAR Karanganyar, Febrian Kurnia Putra mengatakan pendaki yang belum tiba hingga pos empat dan lima, dievakuasi turun menuju Pos Cemoro Kandang.

Sementara pendaki yang berada di pos lima kembali melanjutkan ke puncak Lawu untuk menggelar upacara bendera. Selain itu, pihaknya juga mengevakuasi dua korban yang tergelincir, dan tertimpa longsoran tanah. Keduanya berasal dari Jawa Timur, dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

“Salah satu korban berasal dari Maospati, Jawa Timur,” kata dia dihubungi Solopos.com, Minggu (17/8).

Sementara Wakill Administratur Perhutani Karanganyar, Joni Andarhadi mengatakan kebakaran hutan terjadi di wilayah Jawa Timur, meskipun begitu tim dari Surakarta yang mengecek lokasi kebakaran berusaha menahan agar api tidak sampai ke Jawa Tengah.
Salah seorang pendaki asal Jatipuro Karanganyar Mulato Ikhsan, 28, tertahan di Pos Cemoro Kandang. Ia yang tiba Sabtu sekitar pukul 22.00 WIB, mengaku jalur pendakian mulai ditutup sekitar pukul 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya