SOLOPOS.COM - Gunung Lawu (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, KARANGANYAR – Jalur pendakian Gunung Lawu, baik melalui Cemoro Kandang, Karanganyar, maupun Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur resmi ditutup total per Senin (18/8/2014).

Penutupan dilakukan menyusul kebakaran hutan di antara pos empat, dan lima jalur pendakian Cemoro Sewu, sejak Sabtu (16/8/2014).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Informasi yang dihimpun , api berhasil padam sekitar pukul 14.30 WIB, pada Minggu (17/8/2014). Meskipun begitu, tim pemadam kebakaran yang berjumlah ratusan masih terus memantau sisa api. Pemadaman dilakukan dengan cara manual, dengan menepuk dedaunan ke nyala api.

Wakil Administratur Perhutani Surakarta, Joni Andarhadi, menerangkan penutupan jalur pendakian tidak berbatas waktu. “Musim kemarau menyebabkan kekeringan di area hutan yang rentan menyebabkan kebakaran.” kata dia.

Pihaknya tak mau kejadian terulang, meski yang area hutan yang terbakar berada di luar Jawa Tengah.

Terpisah, Asper BKPH Lawu Selatan Asisten Perhutani Jawa Timur, Marwoto, mengurai kebakaran terjadi di pos lima pendakian petak 73. Dugaan sementara penyebab api adalah tungku yang lupa dimatikan pendaki.

“Kami masih menyiagakan tim untuk memantau lokasi kebakaran bersama-sama dengan Perhutani Jawa Tengah. Langkah utamanya adalah menutup total jalur pendakian,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya