SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pendaki yang telanjur melewati titik api di antara pos empat,dan pos lima jalur pendakian Gunung Lawu dievakuasi turun melalui Pos Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (17/8/2014).

Mereka berangkat pada Sabtu (15/8/2014) siang dan tiba di pos lima sebelum kebakaran terjadi. Sukarelawan dari Komunitas Anak Gunung Lawu (AGL), Bibit Suyono, mengatakan tim yang berhasil menggelar upacara di puncak Lawu itu, berjumlah 20an orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Semua pendaki baik yang berangkat lewat Pos Cemoro Kandang dan Pos Cemoro Sewu diarahkan turun lewat Pos Cemoro Kandang, termasuk yang berhasil menggelar upacara,” kata dia kepada , hari ini.

Pengelola Puncak Lawu Wana Wisata Perhutani Karanganyar, Suyatmo, menduga kebakaran disebabkan gesekan antarbatu. Cuaca yang kering di puncak menyebabkan titik api mudah terjadi.

“Saya mengira kemungkinan karena gesekan antarbatu yang menyebabkan titik api. Sangat kecil disebabkan oleh pendaki yang lupa mematikan api,” ungkap dia.

Suyatmo mengatakan pendaki yang gagal menuju puncak, memilih menggelar kemah di Pos Cemoro Kandang. Jumlah pendaki yang gagal ke puncak berjumlah sekitar 75 orang.

“Jumlah itu yang lewat Pos Cemoro Kandang, kalau via Pos Cemoro Sewu, saya tidak tahu pasti berapa. Sedangkan yang sudah berhasil naik berjumlah kurang lebih 800an pendaki,” jelas Suyatmo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya