Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

 Petugas pemadam kebakaran dari Damkar Satpol PP Grobogan berupaya memadamkan api yang membakar kandang berisi 13.000 ekor ayam di Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer, Minggu (2/8/2021) dini hari. (Istimewa/-Damkar Satpol PP Grobogan)

SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran dari Damkar Satpol PP Grobogan berupaya memadamkan api yang membakar kandang berisi 13.000 ekor ayam di Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer, Minggu (2/8/2021) dini hari. (Istimewa/-Damkar Satpol PP Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI – Kebakaran melanda sebuah kandang ayam milik Titin Eny, 41, di Dusun Batur, Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Minggu (1/8/2021) dini hari.

Akibat kejadian kebakaran tersebut selain kandang, sebanyak 13.000 ekor ayam umur 22 hari ikut hangus terbakar. Pemilik kandang mengalami kerugian sekitar Rp1,2 miliar akibat kejadian ini. Sementara satu orang pekerjanya, Joko Asmono, 42, mengalami luka bakar di bagian leher.

“Kebakaran diperkirakan terjadi pukul 03.30 WIB dan dilaporkan ke Polsek Geyer sekitar pukul 04.30 WIB. Kemudian diteruskan ke Damkar Satpol PP Grobogan,” jelas Kapolsek Geyer, AKP Danang Esanto, Minggu (2/8/2021).

Baca juga: Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Sebelum kebakaran, penjaga kandang ayam Joko Asmono, warga Kecamatan Wirosari, baru saja mengambil air bersama rekannya, Adam Teodhi, 19, sekitar pukul 03.00 WIB. Setelah itu Adam pulang ke rumah yang terletak di sebelah timur kandang. Sedangkan Joko beristirahat di gudang sebelah kandang.

Namun sekira pukul 03.30 WIB, Joko mencium bau benda terbakar.  Setelah dicek ternyata bagian barat kandang ayam dilalap api. Dia bergegas memberitahukan kejadian kebakaran itu kepada Adam dan pemilik kendang ayam, Titin.

Kejadian tersebut juga dilaporkan ke Polsek Geyer dan diteruskan ke Pos Damkar. Namun karena kerangka kandang ayam terbuat dari kayu jati dan lantainya dari bambu serta dinding terpal, api dengan cepat melalap bangunan berukuran 12 meter x 18 meter, termasuk 13.000 ekor ayam potong di dalamnya.

Baca juga: Gegara Konsleting Listrik, Rumah Warga Grobogan Nyaris Ludes Terbakar

Anggota pemadam kebakaran yang menerima laporan langsung meluncur ke tempat kejadian. Upaya pemadaman dilakukan oleh regu Damkar yang dipimpin Heri Agus sejak pukul 04.40 WIB berlangsung hingga pukul 07.00 WIB. Seluruh bangunan kandang beserta ayam potong dan peralatan lainnya ludes terbakar.

Kapolsek Geyer, AKP Danang mengatakan dari pemeriksaan di lokasi kebakaran, dugaan api berasal dari korsleting kipas atau blower kandang di sisi barat. Kemudian menjalar dengan cepat ke seluruh kandang yang terbuat dari kayu dan bambu.

“Satu orang penjaga kandang menderita luka bakar ringan di bagian leher, jari tangan kiri dan jari kaki kiri. Kerugian diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar,” terang AKP Danang.

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Istana Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang Kini Jadi Perkantoran, Ini Lokasinya!

Dahulu memiliki luas hingga 81 ha, istana konglomerat Asia Tenggara di Semarang kini berubah jadi perkantoran. Kira-kira di mana lokasinya?

Ganjar Sebut Jateng Segera Bentuk Brinda, Ini Fungsinya

Usulan pembentukan Brinda ini bahkan sudah masuk dalam pembahasan antara Pemprov Jateng dengan DPRD Jateng dalam rapat paripurna.

Hubungan Tak Direstui, Pemuda di Grobogan Nekat Gantung Diri

Cerita keluarga hubungan korban tidak direstui orang tua kekasihnya diduga itu yang membuat pemuda di Grobogan gantung diri.

JoMan Usung Ganjar Jadi Capres, Ini Reaksi Gubernur Jateng

Selama ini, Ganjar memang terkesan acuh setiap ditanya perihal dukungan sejumlah kelompok terkait pencalonannya sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Innalillahi, 99 Anak Salatiga Kehilangan Orang Tua Gegara Covid-19

Catatan Pemkot Salatiga, sejak awal pandemi hingga Agustus 2021, sudah ada 99 anak di Salatiga yang kehilangan orang tuanya karena terpapar Covid-19.

Tim Basket Satya Wacana Saints Salatiga Umumkan Pergantian Pelatih

Mantan kapten tim SWSS musim 2010-2011 yaitu Jerry Lolowang terpilih sebagai pengganti Efri Meldi.

Rekonstruksi Pembunuhan Taruna PIP Semarang Digelar, Polisi Temukan Fakta Baru

Polisi menggelar reka ulang penganiayaan taruna PIP Semarang oleh senior yang berujung kematian. Ada sejumlah fakta baru yang terungkap.

Konglomerat Pertama Asia Tenggara Punya Istana di Semarang Seluas 81 Ha, Ini Wujudnya

Konglomerat pertama di Asia Tenggara mempunyai istana megah di Semarang, Jawa Tengah yang konon katanya luasnya mencapai 81 hektare.

Kecanduan Film Porno Buyarkan Mimpi Calon Dokter Spesialis

Ia dijerat dengan Pasal 281 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman dua tahun delapan bulan.

Desa Binaan UKSW Salatiga Jadi Desa Wisata Terbaik 2021 Versi BCA Award

Desa Wisata Tingkir Lor binaan UKSW Salatiga berhasil menjuarai ajang Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 kategori foto desa wisata terbaik menggunakan smartphone.

Berhentikan Pengendara Motor hingga Terjatuh, Polisi Semarang Dihukum Disiplin

Video saat Bripka Amir menghentikan pengendara hingga terjatuh itu tersebar di media sosial.

Vaksinasi Covid-19 di GOR Sukarno Grobogan Diserbu Warga

Target semula vaksinasi di GOR Sukarno Grobogan hanya 1.000 orang namun ketika pendaftaran dibuka, masuk 1.200 orang.

Termasuk Getuk Ketek, Ini 4 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Selalu Diincar

Salatiga yang berada di perlintasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar) memiliki oleh-oleh khas yang diincar para pelancong.

Konglomerat Pertama Asia Tenggara Ternyata dari Semarang, Ini Sosoknya

Ternyata konglomerat pertama di Asia Tenggara berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Adakah yang tahu sosoknya?