KEBAKARAN JOGJA : Omzet Rumah Pohon Belasan Juta Per Hari

 Ilustrasi kebakaran (Backgroundpictures.org)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (Backgroundpictures.org)

Kebakaran Jogja yang terjadi Sabtu (8/8/2015) dini hari merupakan tempat makan yang ramai pengunjung.

Harianjogja.com, JOGJA-Kedai Rumah Pohon di Blunyahrejo, Kecamatan Tegalrejo, Jogja, yang ludes terbakar bersama 11 rumah warga merupakan salah satu rumah makan favorit. Rumah makan yang sudah beroperasi sejak enam tahun lalu ini selalu dipenuhi pengunjung, baik warga maupun wisatawan mancanegara.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Rumah makan yang di desain ala suasana desa ini dibangun enam lantai. Hampir semua bangunan Kedai Rumah Pohon ini terbuat dari bambu dan genting anyaman dari daun kelapa. Bahkan dibagian lantai paling atas, merupakan ruang favorit untuk pengunjung, karena bisa menyaksikan suasana kota Jogja, bahkan pemandangan Gunung Merapi bisa terlihat.

Tak heran, pengunjung rumah makan yang hendak naik ke lantai atas ini dikenakan biaya Rp5000. Peengelola rumah makan ini menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga mulai dari Rp15.000-120.000. “Kalau menu andalannya Nasi Gendheng,” kata Ismu Rahman, salah satu juru masak rumah makan tersebut saat ditemui Harianjogja.com.

Menurut Ismu, Kedai Rumah Pohon setiap harinya dikunjungi sekitar 600-700 orang, karena banyak rombongan wisatawan. Bahkan saat bulan puasa, beberapa waktu lalu, omzet harian Kedai Rumah Pohon tidak kurang dari Rp14-16 jutaan. “Jika hari-hari biasa paling Rp7-8 jutaan,” kata Ismu.

Ismu merupakan salah satu dari 25 karyawan Kedai Rumah Pohon yang sudah bekerja sejak kedai tersebut dibuka 2009 lalu. Keterangan Ismu ini diamini oleh penjaga bar kedai tersebut, Yayan Subastiyan, 21. menurut Yayan, kedai Rumah Pohon berencana membuka cabang di wilayah Turi, sebelum bencana kebakaran terjadi.

Saat kebakaran terjadi, Ismu dan Yayan ikut menyaksikan bagaimana api melahap bangunan kedai dan 11 rumah warga. Saat ini keduanya masih fokus membantu pemilik Kedai Rumah Pohon membersihkan puing-puing.

Sementara itu, Bambang Sadewa, selaku pemilik Kedai Rumah Pohon, masih terlihat shock atas kebakaran yang menimpa kedainya. Saat kejadian dia sedang tidur di rumah tepat di samping kedainya. Hingga Sabtu, sore, sejumlah keluarga dan kolega Bambang terus berdatangan memberikan support.

Kepolisian Resort ota Jogja masih melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. Polisi juga tengah berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) untuk menyelidiki kebakaran tersebut. Kanit Reskrim Polsek Tegalrejo, Iptu Mahmudi menduga penyebab sementara kebakaran karena korsleting listrik di ruang bar, yang ada disisi utara kedai.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Terancam Penjara 4 Tahun, Ini Pasal yang Bisa Menjerat Putri Sambo

      Jika terbukti memberikan laporan palsu, Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo terancam hukuman empat tahun penjara.

      Toyota Hadirkan Mobil Konsel LF-Z Electrified di Ajang GIIAS 2022

      Ajang GIIAS 2022, Toyota membawa kendaraan konsep LF-Z Electrified Concept dan Asia Premiere of The All New Lexus RX.

      Gol Throw In Dewangga Dianulir, Persib Bandung Raih Kemenangan Perdana

      Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan perdana pada Liga 1 musim 2022/2023 setelah menundukkan PSIS Semarang dengan skor 2-1.

      Saat Dituduh Melecehkan, Brigadir J Berada di Luar Rumah Ferdy Sambo

      Semua saksi yang diperiksa Bareskrim menyatakan Brigadir J tidak berada di dalam rumah Ferdy Sambo di Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan, sebelum kejadian.

      Persis Solo Vs Persita: (Masih) Menanti Pembuktian Jacksen Tiago

      Pelatih Persis Solo, Jacksen Fereirra Tiago, sebelum laga menyampaikan dengan kehadiran dua pemain asing baru yakni Fernando Rodriguez dan Ryo Matsumura diharapkan dapat membantu persiapan tim.

      Jessica Iskandar Kenang Momen Beli Mobil Mewah

      Jessica Iskandar mengenang momen saat dirinya membeli mobil mewah.

      Sejarah Wonorejo Sukoharjo, Desa Pelosok Kediaman Guru Ngaji PB IV

      Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, konon kabarnya telah ada sejak masa pemerintahan Raja Ketiga Keraton Kasunanan Surakarta, Sri Susuhunan Paku Buwana (PB) IV atau yang kerap disapa Sunan Bagus.

      Meriah! Begini Suasana Pawai Jolen Tradisi Merti Desa di Semarang

      Acara merti desa berupa pawai Jolen di Desa Kemetul, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, berlangsung cukup meriah.

      Kejar Momen Akhir Tahun, Proyek TSTJ Digeber Agar Bisa Buka 23 Desember

      Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo berupaya agar sudah bisa kembali beroperasi sebelum Natal tahun ini. TSTJ Solo mulai ditutup pada September 2022.

      Catat! Aturan Wajib Nonton Padi Reborn di Alun-Alun Wonogiri Malam Ini

      Penyelenggara konser Padi Reborn di Alun-alun Wonogiri merilis aturan menonton konser melalui akun instagram resmi mereka @Seven.co.pro.

      Kontak Telepon di Handphone Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya

      Anda kini tidak perlu khawatir jika kehilangan kontak telepon dari daftar kontak di HP. Karena bisa menggembalikannya dengan beberapa cara.

      Babak Pertama: Persib Dapat Penalti, PSIS Membalas lewat Taisei

      Laga babak pertama Persib Bandung kontra PSIS Semarang dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion GBLA berakhir dengan skor 1-1.

      BPBD Sragen Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

      Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir diprediksi terjadi merata di semu wiayah di Sragen. BPBD mengimbau warga untuk waspada.

      1.500 Peserta Meriahkan Gowes Wonogiri, Doorprize Sepeda jadi Incaran

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar fun bike  bertajuk Gowes Nyawiji yang diikuti sedikitnya 1.500 peserta dari berbagai daerah di Wonogiri, Sabtu (13/8/2022) pagi.

      D'Masiv bakal Tur Konser di Amerika Serikat, Ini Jadwalnya

      D'Masiv bakal gelar tur konser ke Amerika Serikat mulai Agustus 2022 ini.