SOLOPOS.COM - Gunung Sindoro (m.wikitravel.org)

Kebakaran hutan di Gunung Sindoro, Temanggung berhasil dijinakkan.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Kebakaran hutan di kawasan Gunung Sindoro di perbatasan Kabupaten Temanggung dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, berhasil dipadamkan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, Yudi Noviar, Rabu (14/10/2015), mengatakan bahwa kebakaran hutan di petak 10B1 di wilayah Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.45 WIB.

Menurut dia, kebakaran yang terjadi sejak pukul 11.00 WIB tersebut menghanguskan kawasan hutan seluas 5 hektare dari luas baku di petak 10B1 sekitar pukul 184,5 hektare.

“Jenis vegetasi yang terbakar dalam hutan lindung tersebut berupa rimba alam dengan kerugian sekitar Rp750.000,” katanya.

Ia mengatakan pemadaman dilakukan oleh petugas Perhutani BKPH Temanggung bersama masyarakat dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tuksari dan sejumlah pecinta alam.

Ia menyebutkan ada sekitar 40 orang yang berupaya memadamkan api dengan cara manual, yakni menggunakan ranting yang dipukulkan ke api.

Namun belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, kecuali atas dugaan ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Yudi menuturkan pada musim kemarau yang berkepanjangan ini lahan hutan di lereng gunung tersebut rawan terjadi kebakaran karena kondisinya memang benar-benar kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya