SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (JIBI/Solopos/Dok)

Kebakaran hutan terjadi di kawasan Gunung Merapi yang masuk dalam wilayah Magelang.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Kawasan hutan lindung seluas 2,2 hektare di Taman Nasional Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terbakar pada Selasa (18/8/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Seksi Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Nurpana Sulaksono di Magelang, mengatakan kebakaran terjadi di Blok Tempel, Desa Ngargosuko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan titik api diketahui sekitar pukul 10.00 WIB dan sekitar pukul 13.00 WIB api baru bisa dipadamkan.

Menurut dia, upaya pemadaman dilakukan oleh Balai TNGM bersama Kelompok Tani Jurang Jero Asri dan Forum Merapi Merbabu Hijau. Pemadaman dilakukan secara manual dengan gepyok, yaitu menggunakan ranting pohon basah atau kayu yang dipukul-pukulkan ke tanaman yang terbakar.

“Selain itu, kami juga menggunakan satu unit slip on atau mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan bara api pada tonggak kayu pinus yang sulit dipadamkan,” katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/8/2015).

Ia menyebutkan jenis vegetasi yang terbakar, antara lain tanaman pinus, puspa, duwet, salam, jambu biji, beringin, gayam, aren, dan awar-awar.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi kebakaran susulan, TNGM melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD, Koramil, dan Polsek serta melakukan sosialisasi pada masyarakat sekitar tentang bahaya kebakaran.

Selain itu, katanya pihaknya juga bakal menindak tegas pelaku pembakaran hutan sesuai dengan UU Kehutanan nomor 41 Tahun 1999 dengan ancaman pidana 1,5 tahun penjara dan denda 1,5 miliar.

Sebelumnya, pada Senin (17/8/2015) di kawasan yang sama juga terjadi kebakaran dengan luasan sekitar satu hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya