SOLOPOS.COM - Personel pemadam kebakaran Manggala Agni memadamkan kebakaran di hutan Kawasan Suaka Margasatwa Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau, Rabu (28/10/2015). (JIBI/Solopos/Antara/FB Anggoro)

Kebakaran hutan telah meludeskan 2 juta hektare hutan dan lahan di Tanah Air.

Solopos.com, JAKARTA – Luas hutan dan lahan yang terbakar di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 2 juta hektare.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Perkiraan kami bisa lebih lagi, karena pendataan masih terus berjalan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Ditambah lagi, kata Sutopo, masih ada titik kebakaran hutan dan lahan yang belum padam sehingga belum terdata.

Dia menjelaskan hutan dan lahan yang terbakar di antaranya adalah lahan milik masyarakat, korporasi hingga kawasan konservasi, taman nasional, dan lain sebagainya.

Dia juga menambahkan sebaran titik api atau hotspot kebakaran hutan dan lahan hingga Oktober 2015 yaitu 32 persen berada di kawasan hutan non-konsesi.

“Sementara itu, 20 persen HTI, 20 persen sawit, 23 persen area penggunaan lain dan lima persen lain-lain,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) diketahui kebakaran hutan dan lahan terbesar berada di wilayah Sumatra, sekitar 832.999 hektare.

Sementara di Kalimantan, hutan dan lahan yang terbakar sekitar 806.817 hektare. Di Papua, luas lahanterbakar sekitar 353.191 hektare.

Pemerintah, kata dia, hingga saat ini terus berupaya mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. Sejumlah rumah singgah, kata dia, juga telah didirikan sebagai lokasi evakuasi bagi warga yang terpapar kabut asap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya