KEBAKARAN HUTAN : Gubernur Imbau Aktivitas Pendakian Gunung Dihentikan Dulu

Kebakaran hutan terjadi di sejumlah gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Lawu, Merapi, Ungaran, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

Solopos.com, SEMARANG-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan kepada seluruh pihak terkait dengan berbagai upaya pencegahan agar kebakaran hutan di lereng-lereng gunung tidak merambah pemukiman penduduk.

"Satu tindakan pertama yang harus kita lakukan adalah mencegah jangan sampai kebakaran hutan masuk ke permukiman," katanya di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Ganjar menanggapi kebakaran hutan di Gunung Lawu yang semakin meluas dan sudah mendekati pemukiman penduduk.

Ganjar menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dan TNI-Polri telah melakukan rapat koordinasi untuk mendeteksi potensi kebakaran hutan di lereng-lereng gunung.

"Ini kok pada kebakaran ada apa? saya minta untuk dikaji dan kalau memang ada faktor manusia maka jalur pendakian harus kita tutup dulu," ujarnya.

Wacana penutupan semua jalur pendakian yang dikemukakan Ganjar itu karena sejumlah gunung di Jateng mengalami kebakaran seperti Gunung Lawu, Merapi, Ungaran, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

"Saya mengimbau para pendaki, tidak usah mendaki gunung dulu sampai memasuki musim hujan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan kebakaran hutan," katanya.

Ganjar juga menginstruksikan jajaran BPBD untuk melakukan penjagaan dan pemantauan agar kebakaran hutan tidak semakin meluas.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho