Kebakaran Hebat di Portugal, 1.000 Lebih Warga Dievakuasi
Kebakaran di Portugal (Reuters)

Kebakaran hutan terjadi di Portugal. Ribuan warga terpaksa dievakuasi.

Solopos.com, LISBON – Kebakaran hutan melanda sejumlah wilayah Portugal di antaranya Maidera. Sedikitnya tiga orang tewas dan lebih dari 1.000 lainnya dievakuasi di daerah itu.

Kobaran kian mengganas dan api  menyebar hingga ibu kota Maidera, Funchal seiring kuatnya embusan angin.

Gubernur Maidera, Miguel Albuquerque, Rabu (10/8/2016), mengatakan amukan api telah menghanguskan 40 rumah dan lima hotel di Funchal. “Kebakaran di Funchal sebagian besar teratasi  namun masih kuat di berbagai wilayah,” katanya, seperti dilansir Reuters.

Ia menambahkan 80 orang dalam perawatan di rumah sakit karena menderita luka bakar dan gangguan penapasan akibat menghirup asap. Dua di antaranya dalam kondisi serius. Lebih dari seribu warga mengungsi di selter dan barak-barak militer.

Sementara dikutip dari Theguardian.com, lebih dari 200 pasien di pindahkan dari sebuah rumah sakit , sebagai tindakan pencegahan jika api menyebar.

Layanan Perlindungan Sipil Portugal mengatakan lebih dari 4.000 petugas pemadam kebakaran yang didukung 26 pesawat pemadam kebakaran dan 1.262 kendaraan dikerahkan untuk memadamkan 149 titik api di berbagai wilayah Portugal. Petugas pemadam kebakaran pada Selasa (9/8/2016) malam mengatakan tujuh titik api berhasil dipadamkan.

Jalan raya utama di Viseu yang terletak sekitar 290 kilometer dari ibu kota Portugal. Lisnon, terpaksa ditutup akibat kebakaran. Sementara di Agueda amukan api selain menutup jalan, juga mengakibatkan pemadaman listrik. Sementara di Lisbon pada Selasa di laporkan asap yang timbul mengaburkan pandangan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom