SOLOPOS.COM - Kebakaran terjadi di rumah berisi tabung elpiji di Dukuh Jaragan, Desa Wonosegoro, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali pada Selasa (30/8/2022) malam. Kebakaran diduga karena korsleting listrik. (Istimewa/Humas Polres Boyolali).

Solopos.com, BOYOLALI – Peristiwa kebakaran disertai suara ledakan terjadi di rumah dan toko berisi tabung liquefied petroleum gas (LPG) di Dukuh Jaragan, Desa Wonosegoro, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Selasa (30/8/2022) malam.

Tumpukan gas LPG yang tersimpan di ruang penyimpanan bagian belakang ludes terbakar, ditambah tiga kendaraan bermotor (KBM) berupa mobil Daihatsu Luxio dan Nissan Livina, serta satu truk engkel. Sebanyak dua motor juga dikabarkan ikut hangus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta. Kasi Humas Polres Boyolali, AKP Dalmadi, Rabu (31/8/2022), menjelaskan kronologi kebakaran yang disertai ledakan tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Kejadian kebakaran terjadi di rumah anggota TNI yang juga berjualan LPG,  Nurkholis, Selasa (30/8/2022), malam pada pukul 20.30 WIB.

Pada Rabu malam sekitar pukul 20.25 WIB, Nurkholis, selesai menuju ke belakang rumah atau tepat penyimpanan gas selepas salat Isya.

Baca juga: Kebakaran di Setabelan Solo, Lima Kamar Indekos Ludes

Pada saat membuka pintu rumah belakang, korban melihat ada percikan api dari kabel listrik di atas tumpukan gas tabung LPG tiga kilogram.

Dalmadi mengungkapkan api tersebut merambat ke kardus penutup tabung gas. Beberapa detik kemudian, terjadi ledakan dari tabung gas LPG tersebut sehingga Nurkholis, istri, dan kedua anaknya keluar rumah untuk mengamankan diri.

Disusul ledakan beberapa kali sehingga merambat ke dapur rumah dan membakar tiga kendaraan bermotor korban yaitu mobil Luxio, mobil Livina, dan truk engkel.

Nurkholis kemudian melaporkan kejadian itu ke Kantor Damkar Boyolali. Sebanyak 3 mobil pemadam kebakaran (Damkar) Boyolali, satu unit mobil Damkar Salatiga, dan satu unit mobil Damkar Semarang meluncur ke lokasi untuk memadamkan api.

Sebanyak 14 anggota Damkar diterjunkan ke lapangan. Proses pemadaman berlangsung sekitar dua jam mulai pukul 20.50 WIB hingga pukul 23.30 WIB.

Baca juga: Permintaan Keluarga, Jenazah 2 Pasien Kebakaran RSJD Solo Tak Diautopsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya