Tutup Iklan
Kebakaran di area hutan lindung Batu Platar Gunung Gajah Mungkur, Dukuh Ngemplak, Desa Kedungsono, Bulu, Sukoharjo, Kamis (5/9/2019). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO -- https://soloraya.solopos.com/read/20190810/490/1011316/kebakaran-di-polokarto-sukoharjo-rumah-usaha-vulkanisir-ban-ludes" title="Kebakaran di Polokarto Sukoharjo, Rumah Usaha Vulkanisir Ban Ludes">Kebakaran hutan terjadi di area hutan lindung Batu Platar Gunung Gajah Mungkur, Dukuh Ngemplak, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Kamis (5/9/2019).

Hingga berita ini diunggah, api telah https://soloraya.solopos.com/read/20190724/490/1007783/gunungan-sampah-tpa-mojorejo-sukoharjo-terbakar" title="Gunungan Sampah TPA Mojorejo Sukoharjo Terbakar">menghanguskan hutan milik rakyat dan Perhutani seluas belasan hektare. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, titik api kali pertama diduga muncul dari bagian atas gunung yang masuk wilayah Sanggang.

Angin yang bertiup kencang membuat api cepat membesar hingga merembet ke sekitar Gunung Gajah Mungkur sekitar pukul 17.00 WIB. Proses pemadam terus dilakukan tim pemadam kebakaran dibantu dengan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Dua unit mobil pemadam https://soloraya.solopos.com/read/20190721/490/1007148/kebakaran-hanguskan-2-lahan-kosong-di-sukoharjo" title="Kebakaran Hanguskan 2 Lahan Kosong di Sukoharjo">kebakaran dikerahkan namun karena lokasi kebakaran di bagian atas bukit tidak ada akses jalan yang bisa dilalui mobil. Pemadaman terpaksa dilakukan secara manual.

"Lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk," kata Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto kepada Solopos.com, Kamis malam.

Kebakaran hutan terjadi pada petak 4-1 yang masuk wilayah Kedungsono, Bulu. Berdasarkan informasi dari warga sumber api berasal dari tegalan tanah milik warga yang kemudian tidak terkontrol sehingga merembet ke kawasan hutan.

"Langkah-langkah penanggulangan memadamkan langsung ke titik api dengan gepyok dan membuat ilaran," katanya.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten