SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Kebakaran hutan terjadi di area hutan lindung Batu Platar Gunung Gajah Mungkur, Dukuh Ngemplak, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Kamis (5/9/2019).

Hingga berita ini diunggah, api telah menghanguskan hutan milik rakyat dan Perhutani seluas belasan hektare. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, titik api kali pertama diduga muncul dari bagian atas gunung yang masuk wilayah Sanggang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angin yang bertiup kencang membuat api cepat membesar hingga merembet ke sekitar Gunung Gajah Mungkur sekitar pukul 17.00 WIB. Proses pemadam terus dilakukan tim pemadam kebakaran dibantu dengan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Ekspedisi Mudik 2024

Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan namun karena lokasi kebakaran di bagian atas bukit tidak ada akses jalan yang bisa dilalui mobil. Pemadaman terpaksa dilakukan secara manual.

“Lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk,” kata Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto kepada Solopos.com, Kamis malam.

Kebakaran hutan terjadi pada petak 4-1 yang masuk wilayah Kedungsono, Bulu. Berdasarkan informasi dari warga sumber api berasal dari tegalan tanah milik warga yang kemudian tidak terkontrol sehingga merembet ke kawasan hutan.

“Langkah-langkah penanggulangan memadamkan langsung ke titik api dengan gepyok dan membuat ilaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya