SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan berusaha memadamkan api yang membakar empat bangunan rumah di Desa Gebang, Sukodono, Sragen, Senin (24/8/2020). (Istimewa/Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Kebakaran menghanguskan empat rumah milik Kadiman, 67, warga Dukuh Nglembu RT 026, Desa Gebang, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Senin (24/8/2020) sore. Api baru bisa dipadamkan pada Senin petang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, musibah kebakaran itu kali pertama diketahui oleh Tarjan, tetangga Kadiman, sekitar pukul 14.45 WIB. Saat akan pergi ke kebun, Tarjan melihat kepulan asap tebal keluar dari bagian belakang rumah Kadiman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia kemudian berteriak memberi tahu pemilik rumah dan warga sekitar. Warga sekitar kemudian berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Informasi adanya kebakaran rumah itu pun sampai ke Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Sragen. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan menuju lokasi.

Pasangan Kekasih Ditemukan Tewas di Sungai Musi, Bunuh Diri Bareng?

Lokasi kebakaran di Sukodono yang berjarak sekitar 18 km dari Kecamatan Sragen Kota membuat petugas pemadam kebakaran butuh waktu lebih lama untuk menjangkau lokasi. Empat bangunan rumah itu akhirnya ludes dilalap Si Jago Merah.

Sejumlah sukarelawan dari petugas trantib desa setempat, TNI, Polri, perangkat desa, BPBD, PLN, Tagana, Kompas, PMI dan warga sekitar bahu membahu memadamkan api. Namun, struktur bangunan rumah joglo yang sebagian besar berbahan kayu membuat kobaran api cepat membesar dan membuat empat bangunan rumah berserta isinya ludes.

"Kendala di lapangan tidak ada suplai air," jelas Kasi Pemadam dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Anton Sujarwo, kepada Solopos.com.

Masih Berseragam, PNS Kemenhub Ketahuan Bawa Sabu-Sabu

Kerugian akibat kebakaran rumah itu ditaksir mencapai Rp100 juta. Hingga kini, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran rumah itu.

Polisi masih mendalami kasus kebakaran rumah di Sukodono Sragen tersebut.

Akibat kebakaran itu, dua keluarga yang terdiri atas lima anggota harus mengungsi ke rumah saudara dan tetangga. Mereka adalah, Kadiman, Ngatmi, 65, Pandu, 27, Sawitri, Zeelvanna, 9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya