SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran hutan. (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)

Kebakaran Gunung Sumbing terjadi di wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Temanggung.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Kawasan hutan di lereng Gunung Sumbing di wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Temanggung, Jawa Tengah, terbakar, Kamis (20/8/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami dibantu anggota Koramil dan Polsek Tembarak beserta masyarakat berupaya untuk memadamkan api,” kata Kepala BKPH Temanggung, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, Cahyono.

Ia mengatakan, wilayah yang mengalami kebakaran tersebut adalah daerah perbatasan antara BKPH Temanggung dan Magelang, sampai berita ini diturunkan petugas gabungan bersama masyarakat masih berupaya mencegah agar api tidak meluas.

Ia menuturkan titik api terlihat kali pertama sekitar Kamis pukul 06.00 WIB kemudian api terus membesar.

“Api cepat membesar, karena selain banyak vegetasi yang mulai mengering pada musim kemarau ini juga tiupan angin yang kencang,” katanya.

Menyinggung penyebab terjadinya kebakaran,dia mengatakan kemungkinan besar kebakaran tersebut akibat ulah manusia, karena api tidak akan sampai di hutan apabila tidak dibawa oleh manusia.

“Secara pasti memang belum diketahui, tetapi kemungkinan besar akarena ulah manusia,” katanya.

Kebakaran hutan yang terjadi di Desa Jetis Kecataman Selopampang di petak 25 dan 26B KPH Kemloko Kecamatan tembarak tersebut membakar rumput ilalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya