Petugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (17/11/2019). (Istimewa/BPBD Magetan)

Solopos.com, MAGETAN — Kebakaran lahan hutan di Gunung Lawu telah padam. Meski demikian, jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, sampai Selasa (19/11/2019) masih ditutup.

Jalur pendakian di Gunung Lawu mulai ditutup pada Jumat (15/11/2019). Saat itu, api mulai membakar sejumlah lokasi di wilayah Gunung Lawu.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Ferry Yoga Saputra, mengatakan sampai hari ini jalur pendakian masih ditutup. Penutupan jalur pendakian ini sebagai bentuk antisipasi karena kondisi di Gunung Lawu.

Dia menuturkan untuk 53 pendaki yang sebelumnya masih berada di puncak saat kebakaran terjadi telah turun dengan selamat. “Semua pendaki sudah turun pada Minggu kemarin,” kata Fery saat dihubungi Madiunpos.com, Selasa.

Kondisi di Gunung Lawu, kata dia, api sudah mulai padam pada Senin (18/11/2019) sore. Petugas gabungan melakukan berbagai cara untuk pemadaman, seperti membuat ilaran dan gopyok dengan ranting basah.

“Senin pukul 14.33 WIB, api sudah berangsur padam. Tetapi masih terdapat asap yang berasal dari akar yang terbakar,” jelasnya.

Pihaknya tetap mewaspadai hal itu, karena dengan kondisi angin yang sangat kencang bisa menyebabkan api menyala kembali. Pemantauan akan tetap dilakukan hingga dipastikan kondisi aman.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten