SOLOPOS.COM - Kebakaran di basement Ditjen Pajak Jaksel, Jumat (31/7/2015). (Liputan6.com/Twitter.com/@TMCPoldaMetro/@GDSuhendra)

Kebakaran Ditjen Pajak terjadi di area basement sempat mengganggu aktivitas karyawan.

Solopos.com, JAKARTA — Bagian basement Gedung Direktorat Jenderal Pajak di Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan terbakar, Jumat (31/7/2015), sekitar pukul 05.00 WIB. Kini, api berhasil dipadamkan petugas pemadam. Semua dokumen dinyatakan aman dan karyawan tetap bekerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Humas Kasubdit Humas Ditjen Pajak Ani Natalia menjelaskan sekitar pukul 09.00 WIB, api sudah padam dan petugas damkar melakukan proses vakum asap.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sekarang sedang proses vakum asap,” ujar Ani Natalia di lokasi kebakaran, Jumat, sebagaimana dilansir Detik.

Ani mengatakan, kebakaran hanya terjadi di lantai kesatu basement Gedung Ditjen Pajak. Sehingga tidak membakar dokumen-dokumen penting di gedung tersebut.

“Sejauh ini semua aman. Apa yang terjadi semuanya di bawah, basement. Dokumen semua ada di kantor,” kata Ani.

Terkait dengan gangguan kebakaran ini, pihak Ditjen Pajak mengatakan aktivitas karyawan pascakebakaran ruang genset basement lantai kesatu diupayakan akan berjalan normal. Pegawai pun tidak libur dan melaksanakan absensi secara manual.

“Semua pegawai absensi secara manual, [karyawan] tidak libur, dan tetap masuk. Namun semua menunggu proses [pendinginan],” ujar Ani Natalia kepada wartawan di lokasi, Jumat, pukul 08.50 WIB.

Sebelumnya, saat api berkobar, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan mengerahkan 22 unit mobil pemadam kebakaran. Diduga api berasal dari arus pendek listrik di lantai basement tersebut.

“Kebakaran karena adanya korsleting listrik di basement lantai satu,” ujar Sudarma, petugas Sudin Damkar Jakarta Selatan ketika dihubungi, Jumat, sekitar pukul 07.55 WIB.

Asap hitam karena kebakaran di basement Ditjen Pajak Jaksel tersebut sempat menutupi langit di kawasan SCBD dan Semanggi, Jakarta Selatan.

Sementara, berdasarkan pantauan Bisnis, pada pukul 07.10 WIB, ratusan orang tampak memadati jalan yang membatasi gedung Ditjen Pajak dengan BKPM. Kebakaran ini sempat memicu kemacetan di ruas jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Semanggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya