SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI – Hutan di Dusun Gamping RT 001, Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Sabtu (18/10/2014), terbakar.

Satu unit mobil kebakaran dikerahkan ke lokasi kebakaran agar api tak menjalar ke permukiman warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang diperoleh , kebakaran terjadi sekitar pukul 14.05 WIB. Camat Selogiri, Haryanto menilai wilayahnya masuk kondisi darurat kebakaran.

Pasalnya, sepekan terakhir peristiwa kebakaran hutan terjadi di tiga titik. Lahan hutan yang terbakar berdekatan dengan permukiman warga. Tiga titik itu berada di Dusun Melati, Desa Keloran, Desa Jendi, dan Dusun Gamping, Desa Sendangijo.

“Kebakaran lahan hutan di Dusun Melati, Desa Keloran sudah berkali-kali. Kebakaran terakhir terjadi pada Kamis (16/10/2014) malam. Setelah Dusun Melati, kebakaran hutan rakyat terjadi di Desa Jendi dan sekarang terjadi di Desa Sendangijo,” ujarnya.

Kepala Desa Sendangijo, Dirun bercerita, titik api berasal dari lahan hutan di Lingkungan Pucangwolo, Kelurahan Giriwono, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri.

“Titik api diketahui berada di balik pegunungan atau wilayah Giriwono. Angin bertiup kencang sehingga menyambar semak-semak dan daun kering pepohonan hingga Dusun Gamping [Sendangijo],” beber dia.

Dikatakannya, api sampai di lahan pekarangan milik warga tetapi tak sampai ke wilayah permukiman.

“Api bisa dilokalisasi oleh warga dan petugas pemadam kebakaran Wonogiri sehingga tidak menjalar ke rumah warga,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya