SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Kebakaran di Sleman tergolong sering terjadi, penyebab terbanyak adalah kelalaian manusia

Harianjogja.com, SLEMAN-Dari data kasus kebakaran di Sleman, sebagian besar disebabkan karena kelalaian manusia.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Kepala UPT Damkar Sleman Ismu Achmad Widodo mencontohkan seperti arus pendek yang kerap mendominasi penyebab. Hal itu sebenarnya bisa dicegah jika masyarakat memperhatikan dan memasang instalasi listrik secara aman.

“Jika ada instalasi listrik di rumah atau bangunan yang sekiranya sudah tidak aman sebaiknya segera dilakukan perbaikan,” katanya, Minggu (26/7/2015).

Faktor kelalaian lainnya yang juga kerap terjadi yaitu saat menyalakan kompor gas tapi ditinggal keluar rumah seperti halnya memasak. Serta menuangkan bensin berdekatan dengan api yang menyala juga kerap terjadi di Sleman sehingga menimbulkan kebakaran besar.

“Beragam kelalaian, ada juga anak-anak bermain korek api dekat tumpukan kayu lalu perlahan api merembet hingga membakar rumah,” ujarnya.

Sedangkan untuk peristiwa kebakaran mobil juga kerap terjadi karena arus pendek kelistrikan mobil. Mulai dari penggunaan AC mobil yang tidak tepat hingga persoalan radiator yang menimbulkan tekanan panas tinggi lalu menimbulkan api di bagian mesin.

“Sebaiknya jangan dipaksakan ketika mengetahui kendaraan yang kita pakai ternyata sudah ada unsur kerusakan yang parah,” imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat di Sleman agar meningkatkan kewaspadaan pada musim kemarau saat ini. Cuaca yang panas disertai angin bertiup kencang, sangat mendukung terjadinya kebakaran. Karena itu jika akan meninggalkan rumah sebaiknya melakukan pengecekan, memastikan tidak ada sumber api atau listrik yang membahayakan.

Tak hanya itu, kebakaran juga sangat rawan terjadi di sejumlah lahan yang kering. Jika ada peristiwa kebakaran sebaiknya segera menghubungi Damkar Sleman di nomor (0274) 868351 agar bisa segera ditangani oleh petugas.

Terpisah Kapolres Sleman AKBP Faried Zulkarnain membenarkan jika banyak kebakaran yang disebabkan karena arus pendek listrik dan kelalaian manusia. Dari hasil identifikasi belum ditemukan adanya kebakaran karena unsur kesengajaan di Sleman. Sejauh ini penanganan kebakaran dilakukan dengan mendatangkan tim identifikasi ke tempat kejadian perkara. “Itu sebagai bahan untuk mengungkap penyebabnya,” kata dia.

Tetapi yang paling utama saat kejadian yaitu melakukan pengamanan sekitar lokasi kejadian. Karena dalam setiap kali peristiwa kebakaran selalu dipenuhi warga yang menonton. Selain membahayakan, itu juga menganggu proses pemadaman dan menimbulkan kemacetan terutama jika di jalan protokol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya