SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (imdb.com)

Solopo.com, PEKALONGAN — Dua rumah toko (ruko) di Pasar Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (30/7/2014) petang, sekitar pukul 17.30 WIB, dilalap si jago merah. Kebakaran itu diduga terjadi karena hubungan pendek arus listrik.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Informasi yang dihimpun Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Semarang menyebutkan api bukan hanya melalap toko plastik dan bahan roti itu, tetapi juga sepeda motor.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Kobaran api kali pertama diketahui pada pukul 17.30 WIB, kala terlihat di bagian depan toko plastik. Tak lama kemudian, kobaran api menjalar ke ruko di sebelahnya yang merupakan toko bahan roti.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kejadiannya sebelum Maghrib. Api membubung tinggi sehingga mengagetkan warga sekitar,” ujar warga Pekalongan, Rahman kepada JIBI, Rabu malam.

Menurutnya, warga tak bisa berbuat banyak karena akses mendapatkan air guna membantu pemadaman sangat sulit. Sementara si jago merah kian ganas meluluhlantakkan dua ruko tersebut.

Tim pemadam kebakaran menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran dari tiga kabupaten dan kota di sekitar lokasi, yaitu Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang. Mobil-mobil PMK itu datang sekitar satu jam setelah api terlihat.

Setelah satu setengah jam berjibaku melawan api, pasukan pemadam kebakaran berhasil menjinakkan si jago merah sehingga tidak menjalar ke puluhan ruko lain di sekitar dua ruko yang terbakar. “Sekitar dua jam api bisa dipadamkan. Syukurlah, karena tidak merembet ke ruko lain,” ungkap Rahman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya