SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemadaman kebakaran (Facebook-BPBD Kota Madiun)

Kebakaran Blitar merebak pada musim kemarau 2015 yang membuat cuaca kering dengan suhu udara 35 derajat Celcius.

Madiunpos.com, BLITAR — Kebakaran merebak di Blitar pada musim kemarau 2015 yang memicu suhu wilayah itu hingga mencapai 35 derajat Celcius. Dalam sebulan terakhir, empat kebakaran menimpa kandang ayam di wilayah ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebakaran kandang ayam terakhir dilaporkan laman aneka berita Detikcom, Rabu (4/11/2015), terjadi di kandang ayam milik Jumiran, 73, di Jl. Simpang Sumatra No. 9 Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Kobaran api meluluh-lantakkan seluruh bagian kandang beserta isinya.

Ratusan ayam kampung dalam kandang yang luluh lantak dilalap api itu terpanggang hidup-hidup karena si jago merah menjalar begitu cepat. Api bahkan menyambar kayu jati yang rencananya untuk digunakan Jumiran untuk memperbaiki rumahnya.

Berdasarkan keterangan Jumiran, dia tidak mengetahui asal mula api yang membakar dapur dan kandang ayamnya hingga rata dengan tanah itu. Yang ia tahu, istrinya tiba-tiba berteriak memberitahukan kebakaran dapur mereka.

Warga sekitar yang dibantu Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Blitar sempat kewalahan kala mencoba menjinakkan api. Pasalnya, setangki air dari mobil PMK telah habis, namun api belum juga padam. Api baru bisa dijinakkankan setelah petugas PMK mengerahkan tiga unit mobil PMK di lokasi kejadian.

Jajaran Polsek Sananwetan dan petugas identifikasi Polres Blitar Kota masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa Kebakaran tersebut. “Dugaan sementara karena arus pendek dan musim kering, jadi mudah sekali terbakar,” jelas Wakapolsek Sanan Wetan, AKP Glengsong.

Akibat kejadian ini kerugian ditaksir sekitar Rp 50 juta. Kebakaran kandang ayam Jumiran itu merupakan kejadian keempat setelah kejadian serupa terjadi di Srengat, Ponggok dan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya