SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (JIBI/Solopos/Dok)

Kebakaran Banyumas menimpa Pabrik Semen Bima, Sabtu (16/1/2016).

Semarangpos.com, BANYUMAS-Kebakaran melanda pabrik semen Bima milik PT Sinar Tambang Arthalestari di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berdasarkan laporan yang kami terima, kebakaran tersebut pertama diketahui sekitar pukul 14.30 WIB dan dapat dipadamkan sekitar pukul 16.15 WIB,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas Prasetyo Budi Widodo di Banyumas, Sabtu (16/1/2016) sore.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi pada bagian “conveyor belt” atau karet roda berjalan untuk mengangkut bahan baku semen.

Menurut dia, api dapat dipadamkan setelah lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

“Kami mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD Banyumas, tiga unit dari Purwokerto, dan satu unit dari Wangon, serta satu unit milik PT Sinar Tambang Arthalestari,” katanya.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, dia mengatakan bahwa kerugian akibat kebakaran tersebut masih dalam perhitungan.

Dalam kesempatan terpisah, Chief of Public Relation Semen Bima Joseph Karkam mengatakan bahwa kebakaran hanya terjadi pada “conveyor belt”, tidak mengenai bagian pabrik maupun mesin atau bagian vital lainnya.

“Produksi semen tidak terganggu dan jalan terus. Tidak ada korban sama sekali karena langsung ditangani,” katanya.

Menurut dia, kebakaran tersebut disebabkan sistem pendingin (cooling system) untuk klinker (bahan baku semen, red.) yang belum sempurna sehingga “conveyor belt” mengalami “overheat” (kelebihan panas) dan terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya