SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi pemadam kebakaran (JIBI/Bisnis /Nurul Hidayat)

Kebakaran Bantul mengalami peningkatan

Harianjogja.com, BANTUL — Kasus kebakaran di Bantul meningkat drastis beberapa bulan terakhir. Tiga kecamatan paling sering dilanda kebakaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Dwi Daryanto mengatakan peningkatan kasus kebakaran diprediksi turut dipicu perubahan angin yang semakin kencang pada musim kemarau. Angin yang semakin kencang lebih potensial memicu kebakaran, selain karena faktor arus pendek listrik.

Baca Juga : Ini 3 Kecamatan Paling Rawan Kebakaran di Bantul

Sedangkan tiga lokasi yang paling sering terjadi kebakaran menurutnya dikarenakan kondisi padat penduduk dan permukiman yang biasanya disertai pemasangan instalasi listrik asal-asalan.

“Penduduk dan rumah padat ditambah warga biasanya asal-asalan menyambung listrik dengan kabel sembarangan, ini sangat rawan memicu arus pendek,” papar Dwi Daryanto, Senin (7/8/2017).

Saat ini lanjutnya, operasi pemantauan kebakaran difokuskan di wilayah padat seperti Banguntapan. BPBD memiliki dua posko pemadam kebakaran, yaitu di kantor BPBD di Bantul kota serta di Banguntapan. BPBD memiliki dua unit armada pemadam kebakaran dan akan bertambah menjadi lima unit pada Desember nanti.

“Ada tiga unit mobil pemadam kebakaran yang tengah diperbaiki. Mobil hibah dari KPK [Komisi Pemberantasan Korupsi]. Mudah-mudahan Desember nanti sudah bisa digunakan,” imbuh dia.

Kepala Pemadam Kebakaran BPBD Bantul Yohanes memastikan, tidak ada satu pun korban luka maupun korban jiwa dari total 58 kasus kebakaran sepanjang tahun ini. Kerugian yang diderita korban sejauh ini baru sebatas materi.

“Namun kami tidak bisa memprediksi berapa total kerugiannya,” kata Yohanes. Selain merugikan materi berupa bangunan dan harta benda di dalamnya, kasus kebakaran juga kerap terjadi di ladang tebu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya